Menu

MK Rampungkan Hasil Pemeriksaan PHPU

MK Rampungkan Hasil Pemeriksaan PHPU

Selasa, 1 Juli 2014

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAMahkamah Konstitusi (MK) telah merampungkan seluruh perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). Kegiatan persidangan, pemeriksaan dan diakhiri sidang putusan ini telah selesai dilaksanakan Senin kemarin.

Pendaftaran permohonan PKPU legislatif 2014 ini telah dibuka sejak Jum’at (9/5) pukul 22.51 WIB oleh MK. Pendaftaran permohonan ini menyelesaikan perkara baik yang diajukan oleh partai politik maupun perseorangan.

“Selama pembukaan, total jumlah perkara yang diregistrasi oleh Kepanitiaan MK sebanyak 903 perkara,”ujar Ketua MK, Hamdan Zoelva di Kantor MK, Jakarta Pusat, Selasa (1/7/2014) siang.

Dari jumlah tersebut, 225 perkara merupakan gugatan terhadap penetapan hasil Pemilu anggota DPR RI. Selain itu jumlah perkara yang merupakan gugatan terhadap penetapan hasil Pemilu anggota DPRD sebanyak 181 perkara.

Gugatan perkara paling banyak yaitu hasil Pemilu tingkat Kabupaten/kota sebanyak 461 perkara yang diajukan.

MK telah memutuskan permohonan PHPU Legislatif 2015 selama 4 hari berturut-turut. Pemutusan ini sesuai target waktu selama 30 hari kerja sejak masa registrasi mulai Rabu (25/6) hingga Senin (30/6).

Hamdan Zoelva menambahkan MK telah menjalankan tugasnya dengan mengupayakan seluruh sumber daya yang ada. Menurutnya MK telah bekerja dengan seteliti dan secermat mungkin dengan mendengar dari saksi serta membandingkan antara bukti dengan termohon.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional