Menu

Bahas ISIS, Paus Fransiskus Panggil Para Dubes Vatikan di Timur Tengah

Bahas ISIS, Paus Fransiskus Panggil Para Dubes Vatikan di Timur Tengah

VATICAN CITY, – Paus Fransiskus, Selasa (30/9/2014), memanggil pulang para duta besar Vatikan yang bertugas di negara-negara Timur Tengah untuk menggelar sebuah diskusi untuk merespon kebangkitan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Pertemuan yang digelar pada 2-4 Oktober akan diikuti pada duta besar Vatikan di Jordania, Irak, Iran, Lebanon, Suriah, Turki, Israel dan Palestina serta perwakilan Vatikan di PBB dan Uni Eropa.

Paus dan para duta besar serta sejumlah petinggi Vatikan, termasuk Menteri Luar Negeri Pietro Parolin yang baru saja berpidato di PBB terkait krisis Timur Tengah.

Awal bulan ini, dalam kunjungannya ke Albania, negeri Eropa dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, Paus Fransiskus melontarkan kritik tajam kepada ISIS.

Paus mengatakan tidak ada kelompok keagamaan apapun yang menggunakan kekerasan dan penindasan lalu mengklaimnya sebagai “senjata dari Tuhan”.

Sejak memproklamirkan sebuah Kekalifahan Islam di wilayah yang dikuasainya di Suriah dan Irak, ISIS telah membunuh atau mengusir penduduk beragama Kristen, Syiah dan pemeluk agama-agama minoritas lainnya jika memilih tidak memeluk Islam versi ISIS.

Saat kembali dari kunjungannya ke Korea Selatan bulan lalu, Paus Fransiskus juga menyerukan agar dunia internasional mengambil langkah konkrit untuk menghentikan “agresi yang tak bisa dibenarkan” itu.

ISIS kini sedang memrangi pemerintahan Syiah di Irak dan Suriah, serta kelompok-kelompok bersenjata Suni lainnya di Suriah serta kelompok etnis Kurdi di kedua negara, dalam sebuah perang saudara yang sangat rumit yang bisa terjadi di negara manapun di Timur Tengah.

sumber: http://internasional.kompas.com/read/2014/09/30/20081471/Bahas.ISIS.Paus.Fransiskus.Panggil.Para.Dubes.Vatikan.di.Timur.Tengah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional