Menu

Semrawutnya pelaksanaan haji bikin banyak jemaah gagal berangkat

Semrawutnya pelaksanaan haji bikin banyak jemaah gagal berangkat

Merdeka.com – Pelaksanaan ibadah haji tahun ini tak lepas dari permasalahan. Kasus terbanyak adalah jemaah haji gagal berangkat ke Tanah Suci, lantaran terkendala visa. Alhasil, jemaah harus berangkat di luar kelompok penerbangan (kloter) penetapan awal.

Data yang dimiliki Kementerian Agama menyebutkan ada 155.200 visa jemaah calon haji yang bermasalah. Hingga hari ini, Kemenag dan Kedutaan Arab Saudi sedang menyelesaikan.

Contohnya di Solo, ratusan jemaah belum bisa diberangkatkan ke Tanah Suci lantaran visa mereka belum juga turun seperti yang dijanjikan Kemenag.

Ratusan tamu Allah tersebut dikumpulkan di Blok A gedung Makkah embarkasi haji Donohudan, Solo. Mereka pun tak tahu pasti kapan akan diberangkatkan ke Arab Saudi. Tidak adanya kejelasan terbitnya visa, membuat mereka terlantar tanpa aktivitas pasti.

Suwarjono Sumbono, salah seorang calon haji asal Kabupaten Banyumas mengatakan, seluruh berkas dan kelengkapan surat-surat sudah dipenuhinya. Termasuk hasil tes kesehatan, yang menjadi syarat keberangkatannya ke Tanah Suci. Namun apa boleh buat belum terbitnya visa haji membuat dia dan istrinya hingga kini masih tertahan di embarkasi Solo.

“Saya sudah melengkapi surat-surat yang dibutuhkan. Hasil tes kesehatan juga sudah dilampirkan. Tapi saya tidak tahu kapan akan berangkat,” ujar Suwarjono saat ditemui wartawan, Rabu (26/8).

Bersama ratusan calon jemaah haji lainnya, Suwarjono hanya dapat pasrah dan menuntut tanggung jawab pemerintah untuk segera memberangkatkan mereka ke Tanah Suci. Dia juga minta diprioritaskan berangkat lebih awal dari pada calon jemaah yang baru saja datang.

Nasib sama juga dialami rombongan jemaah kloter pertama embarkasi Makassar. Sebanyak 59 jemaah di antaranya yang berasal dari Kabupaten Gowa tertunda pemberangkatannya karena belum mengantongi visa.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional