Menu

Apa Itu Gerakan Bersih 4.0 yang Minta PM Najib Mundur Dari Jabatannya?

Apa Itu Gerakan Bersih 4.0 yang Minta PM Najib Mundur Dari Jabatannya?

Kuala Lumpur – Puluhan ribu orang melakukan aksi unjuk rasa di Kuala Lumpur menuntut PM Najib Razak untuk mundur dari jabatannya. Para demonstran berkaos kuning itu menamakan aksi gerakan Bersih 4.0.

Dikutip dari berbagai sumber, Minggu (30/8/2015), gerakan Bersih 4.0 bertujuan meminta hak demokrasi Malaysia yang dianggap para demonstran telah hilang dari negeri jiran tersebut. Mereka juga meminta penyelamatan ekonomi Malaysia yang sedang terpuruk.

Ada 4 tuntutan yang mereka sampaikan, yaitu: 1. Pemilu yang Bersih 2. Pemerintah yang Bersih 3. Menyelamatkan ekonomi Malaysia 4. Hak membantah (berpendapat).

Gerakan Bersih 4.0 ini rupanya dianggap musuh oleh pemerintahan Malaysia. Website mereka diblokir pemerintah karena dianggap terlalu menjelekan pemerintah dan cenderung fitnah. Tapi perjuangan mereka tidak luntur.

Para aktivis menyerukan perlawanan dengan melakukan aksi besar-besaran di seluruh penjuru Malaysia. Hasilnya, pada 29 Agustus terwujud, puluhan ribu orang di Kuala Lumpur bersatu menggunakan kaos kuning dan melakukan demo besar-besaran.

Meski diikuti banyak pihak, aksi demo tetap tertib. Demonstran dan polisi tetap damai dan tidak terjadi gesekan yang signifikan atau yang menjurus ke arah anarkis.

PM Najib juga sudah mengeluarkan statement atas aksi demo besar-besaran ini. PM Najib menegaskan para demonstran bukanlah warga Malaysia yang mencintai negerinya.
(rvk/rvk)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional