Menu

Atasi Imgran, Uni Eropa Tawari Turki Rp 45 Triliun

Atasi Imgran, Uni Eropa Tawari Turki Rp 45 Triliun

Imigran menjadi problem serius di Uni Eropa. Arus imigran suriah yang besar ke Uni Eropa dapat di bendung oleh Turki yang merupakan tetangga Suriah.

Para pemimpin Uni Eropa melakukan pertemuan dengan Turki di Brussels, menawarkan dana bantuan sebesar 3 miliar euro, atau sekitar Rp45,5 triliun kepada Turki dengan harapan Turki dapat membendung arus imigran Suriah yang datang ke Eropa.

Selain itu Uni Eropa juga menawarkan kemungkinan pengajuan visa perjalanan yang lebih mudah serta pembicaraan perihal soal kemungkinan bergabungnya Turki ke Uni Eropa. sebanyak 28 pemimpin negara sepakat untuk menawarkan sistem bebas visa bagi warga Turki yang ingin bepergian ke Uni Eropa, jika Turki sepakat untuk berupaya membendung arus imigran.

Dikutip dari laman, BBC Indonesia “Pertemuan intensif kami dengan para pemimpin Turki dalam beberapa minggu terakhir untuk satu tujuan: Membendung arus migrasi yang masuk melalui Turki ke Uni Eropa. Rencana ini merupakan langkah yang besar,” kata Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk.

Upaya Uni Eropa dalam penanganan masalah imigran tidak hanya memberikan bantuan tetapi juga akan menyusun rancangan bersama dengan Turki.

Para pemimpin Uni Eropa berjanji akan menyusun rencana dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan untuk bekerja sama demi meningkatkan taraf hidup dua juta pengungsi Suriah di Turki, sehingga mereka tidak mencari penghidupan yang lebih baik di negara-negara Eropa selain itu, Uni Eropa dan Turki juga sepakat mengkoordinasikan pengawasan perbatasan untuk memperlambat masuknya imigran yang melintasi Turki dari Asia. (ed-Arif Rahman)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional