Menu

Ketimpangan Indonesia Mengkhawatirkan.

Ketimpangan Indonesia Mengkhawatirkan.

Pembanguan Indonesia masih mengalami permasalahan ketimpangan yang serius, bukanya malah semkin menipis tingkat kesenjangan tetapi semakin menganga.

Institute for Development of Economic and Finance (INDEF) sepeti di kutip dari Antaranews.com menyatakan bahwa rasio gini atau rasio pertumbuhan ekonomi terhadap Pendapatan Domestik Bruto Indonesia cukup mengkhawatirkan bahkan di atas Amerika Serikat, atau dalam kata lain ketimpangan ekonomi di Indonesia lebih tinggi dibandingkan dengan yang terjadi di AS.

“Rasio Gini kita di atas Amerika. Ini artinya, ada ketimpangan sosial di mana pertumbuhan ekonomi nasional yang berdasarkan pada Pendapatan Domestik Bruto (PDB) hanya dinikmati sebagian golongan saja,” kata peneliti Indef  Dzulfian Syafrian di Jakarta, Jumat.

Parameter rasio gini menyentuh angka 0,41 sampai dengan 0,42 persen dengan skala 0 sampai dngan 1. saat ini di Indonesia.

pengukurannya angka 0 menunjukkan tidak ada kesenjangan sosial dan angka 1 di mana tingkat kesenjangan sosial mencapai titik maksimal.

“Kita ini sudah berada di titik rawan karena jika sudah berada di level 0,5 gini ratio ini akan menimbulkan banyak kecemburuan sosial di masyarakat, bahkan bisa berpotensi terjadi revolusi yang artinya ada ketidakstabilan politik dan imbasnya ekonomi,” ujar Dzulfian.

Ketimpangan yang cukup besar ini sangat mengkhatirkan dan menjadi signyal buruknya kualitas pembangunan. (ed- Ratnasari)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional