Menu

Mengenal Laser Autofocus pada Kamera smartphone

Mengenal Laser Autofocus pada Kamera smartphone

Kamera menjadi sangat penting yang perlu di sematkan dalam sebuah smartphone.  Laser autofocus sendiri merupakan fitur yang membantu mengambil gambar fokus dengan lebih cepat dan akurat. Cara kerja laser autofocus yakni menggunakan emitor laser kecil yang diposisikan di belakang smartphone, dekat dengan lensa kamera.

sensor mengeluarkan ledakan kecil laser yang dipantulkan kembali dari benda yang tertangkap oleh kamera saat mengambil foto.

Setelah itu cahaya tersebut masuk ke sensor kamera dan algoritma perangkat lunak menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh laser untuk memantulkan dan menerima kembali pantulan, sebagai pengukuran jarak target objek.

Tapi metode menggunakakn sinar laser saja tidak cukup handal, terutama untuk objek yang jauh, dan ada masalah dengan reflektif atau benda yang transparan.

Inilah sebabnya mengapa beberapa smartphone juga menggunakan algoritma deteksi kontras, sebagai tugas utama sensor gambar untuk menemukan perbedaan antara piksel yang berdekatan. Dua system ini yang biasanya digunakan agar memungkinkan kamera smartphone lebih cepat fokus dan akurat (ed – Ihsan Kurniawan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional