Menu

Defisit Ekonomi Amerika Serikat Mencatatkan Sejarah Terendah sejak 8 tahun

Defisit Ekonomi Amerika Serikat Mencatatkan Sejarah Terendah sejak 8 tahun

Ekonomi Amerika mulai membaik, Defisit anggaran pemerintah Amerika Serikat untuk tahun fiskal 2015 mencatatkan rekor yang terendah dalam delapan tahun terakhir. Meskipun belanja pemerintah meningkat pada tahun lalu, tetapi penerimaan pajak yang masuk lebih tinggi dari anggaran yang dikeluarkan.

Seperti dikutip dari laman CNN, Berdasarkan laporan Departemen Keuangan dan Kantor Manajemen dan Anggaran Gedung Putih defisit fiskal AS pada tahun ini sebesar US$439 miliar atau 2,5 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) dan merupakan Angka terendah sejak 2007 sebesar US$161 miliar atau 1,1 persen PDB.

Membaiknya pasar tenaga kerja menjadi pendukung utama meningkatnya penerimaan negara. Tercatat setoran pajak penghasilan (PPh) orang pribadi naik hampir 11 persen, sedangkan penerimaan dari pajak gaji naik 6 persen. Kenaikan juga terjadi atas setoran pajak perusahaan sebesar 7 persen

Sektor penerimaan dari pajak di topang membaiknya sisi penerimaan. Pemerintah federal berhasil mengantongi pendapatan US$3,25 triliun, naik 8 persen dari perolehan tahun sebelumnya.

Defisit fiskal AS tahun ini juga tercatat lebih rendah US$44 miliar atau minus 9 persen dibandingkan dengan realisasi defisit tahun lalu.

Berdasarkan data ekonomi, alokasi belanja pemerintah AS yang meningkat di beberapa bidang utama, antara lain pertahanan dan keamanan, transportasi, pertanian dan pembayaran bunga atas utang negara. (ed – Arif Rahman)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional