Menu

Indonesia dan Arab Saudi Bahas Kerja Sama Bilateral

Indonesia dan Arab Saudi Bahas Kerja Sama Bilateral

 

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel bin Ahmed Al Jubier melakukan kerjasama bilateral, di antara yang menjadi pokok bahasan adalah penguatan kerja sama ekonomi kedua negara di Jakarta, Selasa (20/10/2015)

Retno mengatakan kedua negara berkomitmen kuat meningkatkan kerja sama di bidang energi, perdagangan, dan investasi.

dikutip dari laman Antara “Dalam pertemuan bilateral yang produktif ini, kami juga membahas mengenai kerja sama potensial kedua negara untuk produk-produk industri strategis,” ujar Retno, Dubes Perempuan Pertama Indonesia.

Menurut dia, Arab Saudi ingin meningkatkan kerja sama dan investasi di bidang perminyakan, petrokimia, ekspor minyak mentah, dan pariwisata.

“Pada saat yang sama, saya juga menyampaikan kepada Menlu Saudi bahwa Indonesia juga ingin meningkatkan ekspor di bidang otomotif, yaitu sparepart (suku cadang), dan kita ingin juga meningkatkan ekspor minyak mentah dan sebagainya,” kata dia.

Lebih lanjut pemerintah Indonesia meminta dukungan dari pemerintah Arab Saudi agar Bank Negara Indonesia (BNI) dapat beroperasi di negara itu.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel bin Ahmed Al Jubier dalam kunjungan kerjanya ke Indonesia juga membawa pemimpin eksekutif perusahaan minyak Aramco serta perwakilan dari badan dana investasi publik dan dana pembangunan Arab Saudi.

“Kami membawa CEO Aramco, serta perwakilan badan dana investasi publik dan dana pembangunan untuk mencari cara terbaik untuk meningkatkan investasi di Indonesia,” ujarnya.

Selain membahas kerja sama ekonomi, kedua menteri luar negeri membicarakan isu bilateral lain seperti evaluasi pelayanan bagi jemaah haji serta beberapa isu regional (ed- Arif Rahman)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional