Menu

Rupiah menguat Rp 13.724

Rupiah menguat Rp 13.724

Rupiah kembali terapresiasi positif setelah hamper sepekan mengalami tekanan. Kamis (22/10) dikutip dari kontan, Bloomberg, melaporkan di pasar spot rupiah berada di level Rp 13.570 per dollar AS atau menguat 1,12% dari sebelumnya Rp 13.724 per dollar AS pada pukul 11:33 WIB.

Sedangkan mengacu pada kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), rupiah pun menguat ke Rp 13.640 per dollar AS atau 0,41% dari sebelumnya Rp 13.696 per dollar AS.

Pengamat pasar uang dari Bank Himpunan Saudara, Rully Nova menyatakan bahwa “Harapan positif bagi pelaku pasar uang terhadap pemerintah yang akan kembali meluncurkan Paket Kebijakan Ekonomi Jilid V menjadi salah satu sentimen psitif bagi pasar uang,” ujarnya

paket kebijakan ekonomi jilid V dapat menjadi direspon positif oleh pasar karena faktor eksternal yang masih tak menentu.

Lebih lanjut, Rully Nova mengatakan “Pelaku pasar uang domestik masih dibayangi sentimen eksternal terutama dari rencana bank sentral Amerika Serikat (the Fed) menaikkan suku bunga acuannya,” katanya.

Selain itu kondisi ekonomi Tiongkok yang masih melambat juga mempengaruhi mata uang di kawasan Asia, termasuk rupiah. Melemahnya ekonomi Tiongkok dikhawatirkan mempengaruhi laju perekonomian nasional mengingat Indonesia masih memiliki ketergantungan terhadap hasil komoditas (ed-ratnasari)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional