Menu

Luhut Pimpin Pengendalian Bencana Asap

Luhut Pimpin Pengendalian Bencana Asap

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan dalam penanggulangan Bencana Asap untuk memimpin upaya peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, Luhut akan bertanggung jawab kepada Presiden. Ia memberi laporan langsung kepada Presiden.

“Langkah ini diharapkan bisa lebih memudahkan pekerjaan (pengendalian kebakaran hutan),” kata Pram usai rapat penanggulangan bencana kabut asap di Kantor Presiden yang dipimpin Jokowi, Jumat (23/10).

Luhut akan mengomandoi 21 lembaga –mulai TNI, Polri, kementerian koordinator, kementerian, hingga tingkat pemerintah kabupaten atau pemerintah kota– dalam operasi pengendalian bencana kebakaran tersebut, termasuk kabut asap yang ditimbulkannya.

Esok, Luhut akan bertolak ke Kalimantan, salah satu wilayah yang dilanda bencana kabut asap, bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

Rapat biasanya dihadiri sejumlah menteri mulai Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Kesehatan Nina Moeloek, juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Willem Rampangilei, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Andi Eka Sakya, Lembaga penerbangan dan Antariksa Nasional, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, sampai Kapolri Badrodin Haiti.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional