Menu

Pabrik Gula Baru Canggih di Dompu dan Lamongan akan Berdiri Tahun Depan

Pabrik Gula Baru Canggih di Dompu dan Lamongan akan Berdiri Tahun Depan

Pemerintah tengah serius menggarap swasembada gula dengan melakukan pembangunan pabrik gula baru. Pemerintahan Jokowi-JK menargetkan pembangunan 10 pabrik gula baru dalam 5 tahun pemerintahan hingga 2019.

Indonesia masih harus mengimpor 3 juta ton gula mentah untuk diolah menjadi gula rafinasi yang dibutuhkan industri dalam negeri. Menurut Staf Ahli Kementerian Pertanian Bidang Investasi Syukur Iwantoro mengungkapkan bahwa di 2016 sudah ada 2 pabrik gula baru yang berdiri dengan total investasi kedua pabrik tersebut mencapai Rp 11 triliun.

Pabrik gula yang pertama didirikan di Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) oleh PT Sukses Mantap Sejahtera (SMS). Sedangkan yang kedua investornya adalah PT Kebun Tebu Mas, pabriknya dibangun di Lamongan, Jawa Timur.

Syukur mengatakan pabrik gula di Dompu yang dibangun PT SMS rencananya diresmikan oleh Kementerian Pertanian pada November tahun ini. Namun, konstruksi pabrik belum selesai sehingga peresmiannya diundur hingga Maret 2016.

‎”Bulan Maret tahun depan (akan diresmikan). Maunya sekarang, tapi lagi-lagi konstruksinya belum selesai,” kata Syukur di Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (2/11/2015).

Lebih lanjut, Syukur mengatakan pabrik gula di Lamongan masih belum ‎rampung perizinannya. “Yang di Lamongan masih melengkapi izin-izin, mudah-mudahan bisa secepatnya. Kapasitasnya 12.000 tcd,” ucapnya. (ed-ratnasari)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional