Menu

Calon bermasalah Jelang Pilkada Serentak.

Calon bermasalah Jelang Pilkada Serentak.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengungkapkan meski waktu pelaksanaan pilkada serentak kurang satu bulan tetapi masih ada calon yang melakukan upaya kasasi ke Mahkamah Agung (MA)

Dengan demikian, KPU masih menanti proses tersebut hingga 15 November 2015.

“Mudah-mudahan bisa selesai, sehingga apabila pasangan calonnya sudah final, maka kami bisa melanjutkan pekerjaan memfasilitasi pencetakan surat suara,” ujar Husni di Kantor Presiden, Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (3/11).

Husni juga menyebut selain adaya yang masih melakukan kasasi ke MA, masih ada daerah yang pasangan calonnya tersangkut status bebas bersyarat.
Calon yang bermasalah ini menjadi kendala KPU untuk melakukan finalisasi. “Dan proses ini sedang berjalan. Mudah-mudahan satu minggu ke depan bisa tuntas,” kata Husni Malik.

Masalah selanjutnya, tutur Husni, yakni masih adanya daerah yang mengurangi jumlah atau bermasalah dalam proses pencairan anggaran yang telah disetujui untuk penyelenggara KPU maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Meski demikian, Husni mengapresiasi tindakan pemerintah yang sangat proaktif mengeluarkan kebijakan yaitu daerah-daerah yang terjadi upaya penghambatan terhadap proses pencairan anggaran maupun pemotongan akan diingatkan oleh kepolisian dan kejaksaan agar tidak masuk ke dalam ranah pidana.(ed-rafli)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional