Menu

Jokowi : Menteri tak boleh Keluarkan Peraturan sembarangan.

Jokowi : Menteri tak boleh Keluarkan Peraturan sembarangan.

Presiden Joko Widodo mengultimatum para menteri agar tak mengeluarkan peraturan yang sembarangan. Jokowi meminta semua menterinya melaporkan semua peraturan yang akan dibuat sebelum disahkan.

Rancangan peraturan menteri terutama yang berdampak luas pada masyarakat harus sepengatahuan dirinya dan akan dibahas dalam rapat terbatas.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung kemarin di Jakarta. “Intinya, Presiden mengharapkan semua Permen (peraturan menteri) dan Surat Edaran yang punya dampak besar kepada masyarakat harus dilaporkan ke Presiden melalui Seskab untuk menjadi bahan ratas,” kata Pramono.

Rancangan Peraturan menteri harus di sampaikan melalui Sekretaris Kabinet yang segera melaporkan kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Jadi arahan Presiden sudah jelas, terutama yang berdampak luas di masyarakat harus disampaikan lebih dulu, karena diakui ada beberapa Permen yang membuat Presiden dan beberapa pembantu presiden terkaget-kaget,” kata dia.

Pram menekankan, Presiden memberikan kebabasan kepada para menteri dan pejabat setingkat menteri untuk mengeluarkan dan mengekspresikan pandangannya sebelum Presiden mengambil keputusan berupa Peraturan Presiden (Perpres), Instruksi Presiden (Inpres), Keputusan Presiden (Keppres), dan sebagainya. (ed-rafli)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional