Menu

Rupiah menguat 108 poin menjadi Rp.13 455

Rupiah menguat 108 poin menjadi Rp.13 455

Nilai tukar rupiah bergerak menguat dalam perdagangan rabu (4/11/2015). Rupiah ditransaksikan antarbank di Jakarta, Rabu pagi, bergerak menguat 108 poin menjadi Rp13.455 dibandingkan posisi sebelumnya di posisi Rp13.563 per dolar AS.

Analis mengatakan, pengutan rupiah didorong oleh paket ekonomi pemerintah. Dikutip dari laman Antara “Paket kebijakan ekonomi tahap VI yang akan diumumkan dalam waktu dekat menjadi salah satu sentimen positif bagi mata uang domestik,” kata Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, Rangga mengatakan angka inflasi tahun ini yang cukup rendah meningkatkan harapan pasar terhadap penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) juga membantu memberikan dorongan penguatan terhadap rupiah serta pasar surat utang negara (SUN) dan indeks harga saham gabungan (IHSG).

Selain itu cadangan devisa yang juga akan diumumkan pada pekan ini diharapkan mencatatkan kenaikan, data itu penting bagi pasar karena akan menjelaskan sebagian penyebab penguatan tajam rupiah serta stabilitas perekonomian domestik.

Dari eksternal, penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS juga bersamaan dengan mayoritas mata uang di kawasan Asia seiring dengan harga minyak mentah dunia yang naik. (ed-ratnasari)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional