Menu

Tol Laut Dirilis.

Tol Laut Dirilis.

Pemerintah telah merilis Program Tol Laut di Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (4/11/2015) dan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Tujuan tol laut salah satunya adalah untuk memangkas disparitas harga antar pulau di Indonesia. Mendag,Thomas Lembong mengatakan, dengan adanya tol laut ini, diharapkan disparitas dan fluktuasi harga di daerah timur Indonesia bisa berkurang.

“Salah satu kebijakan Kementerian Perdagangan adalah memperkuat Pasar Dalam Negeri, keberhasilan kebijakan tersebut dapat dilihat dari stabilitas harga barang kebutuhan pokok dan barang penting dengan target fluktuasi harga kurang dari 9 persen per tahun dan disparitas harga kurang dari 13,5 persen,” ucap Mendag yang biasa disapa Tom Lembong ini, Rabu (4/11/2015).

Tol Laut sendiri tertuang dalam program kerja Kementerian Perhubungan dalam Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik untuk Angkutan Barang di Laut yang tertuang dalam Perpres No. 106 Tahun 2015.

Pelaksanaan program ini merupakan kewajiban pelayanan publik (PSO) untuk angkutan laut barang kebutuhan pokok dan barang penting, melalui penugasan kepada PT Pelni sebagai penyelenggara PSO, dengan mendapat biaya kompensasi (subsidi) dari APBN. (ed-ratnasari)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional