Menu

Persidangan SDA : Pimpinan Komisi VIII pernah Minta Rp 12 M ke SDA

Persidangan SDA : Pimpinan Komisi VIII pernah Minta Rp 12 M ke SDA

Anggota DPR dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Hasrul Azwar dalam persidangan kasus korupsi Haji Suryadharma Ali mengatakan adanya cerita soal permintaan duit Komisi VIII ke Menteri Agama saat itu Suryadharma Ali.
Permintaan itu terkait pengesahan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahun 2011-2012.

“Saya dapat cerita dari Sekjen Kemenag, katanya pimpinan ada minta uang Rp 12 miliar ke Pak Surya untuk pengesahan BPIH, Pak Surya nggak mau,” kata Hasrul Azwar saat bersaksi dalam sidang lanjutan Suryadharma Ali di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (6/11/2015).

Hasrul mengatakan permintaan duit 12 M itu yang membuat panas pembahasan BPIH, bahkan pembahasan BPIH pada Juli 2010 di DPR sempat mengalami deadlock “Itu yang membuat pembahasan BPIH antara pemerintah dan DPR berlarut-larut,” ungkap Hasrul.

Soal adanya permintaan duit dari Komisi VIII saat pembahasan BPIH pernah disebut Suryadharma dalam nota keberatan (eksepsi) yang dibacakan pada 7 September 2015.

Suryadharma didakwa telah melakukan tindak pidana korupsi dalam penyelenggaraan ibadah haji mulai dari penentuan petugas haji, pengangkatan petugas pendamping amirul hajj pemondokan, memanfaatkan sisa kuota haji dan menyelewengkan dana operasional menteri Rp 1,8 miliar.

Total kerugian keuangan negara atau perekonomian negara akibat penyimpangan Suryadharma Cs mencapai Rp 27.283.090.068 dan SR 17.967.405. (ed-rafli)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional