Menu

Partai Idaman Rhoma Irama Tidak Bisa Ikut Pemilu 2019, Ini Alasannya

Partai Idaman Rhoma Irama Tidak Bisa Ikut Pemilu 2019, Ini Alasannya

topikterkini.com – Partai besutan Rhoma Irama tidak dapat mengikuti Pemilu 2019. Hal ini dikarenakan Partai Islam Damai dan Aman (IDAMAN) ini tidak lolos seleksi adminitrasi guna mendapatkan badan hukum di Kementerian Hukum dan HAM.

Alasan tidak lolosnya Partai Idaman dan beberapa partai lain ini diungkapkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly saat jumpa pers di gedung Kemenkumham, Jakarta, Jumat (07/10) kemarin. Menurutnya sebagian besar partai yang tidak lolos seleksi dikarenakan terganjal syarat adminitrasi kepengurusan.

Yasonna juga menyebutkan salah satu syarat adminitrasi yang dimaksud adalah kepengurusan Parpol haruslah mencakup semua provinsi. Dari setiap provinsi tersebut terdapat kepengurusan paling sedikit 75 persen kabupaten/kota. Kemudian dari setiap Kabupaten/Kotaharuslah memiliki minimal 50% kepengurusan dari jumlah kecamatan.Tidak hanya keberadaan kepengurusan yang menjadi syarat adminitrasi tetapi juga kantornya juga akan diverifikasi. Adapun persyaratan tersebut berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik.

Perlu diketahui bahwa verifikasi ini dilaksanakan melalui dua tahap. Tahap pertama dilakukan pada tanggal 1-15 Agustus 2016, sedangkan tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus hingga 23 September lalu. Kedua tahap seleksi ini dilakukan dengan ketat. Surat keterangan domisili partai, status kantor dari pusat hingga kecamatan tidak luput dari pantauan tim verifikasi.

Kegagalan lolos adminitrasi ternyata tidak hanya dialami oleh Partai Idaman. Dari lima partai baru yang mendaftarkan Badan Hukum hanya Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang dinyatakan lolos verifikasi dan mendapatkan Badan Hukum. Sedangkan empat partai lainnya yakni Partai Idaman, Partai Rakyat Berdaulat, Partai Rakyat dan Partai Kerja Rakyat Indonesia dinyatakan gugur dan tidak mendapatkan badan hukum.

1 Komentar

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional