Menu

Vonis Jessica Sudah Dibacakan, Inilah Tanggapan Publik Terhadap Tayangan Persidangan Kopi Sianida

Vonis Jessica Sudah Dibacakan, Inilah Tanggapan Publik Terhadap Tayangan Persidangan Kopi Sianida

topikterkini.com – Rangkaian persidangan atas Kasus pembunuhan yang terkenal dengan sebutan “Kopi Sianida” akhirnya usai. Setelah melewati beberapa kali persidangan, akhirnya Pengadilan Negeri Jakarta Pusat akhirnya menjatuhkan vonis kepada Jessica Kumala Wongso Kamis (27/10). Jessica Kumala Wongso dinyatakan bersalah karena telah membunuh Wayan Mirna Salihin dan divonis 20 tahun penjara.

Hasil dari Persidangan “Kopi Sianida” ini mengundang respon luas dari berbagai kalangan masyarakat dan menjadi headline di berbagai media. Apalagi dengan ditayangkannya secara langsung acara persidangan yang membuat masyarakat bebas untuk menyaksikan persidangan kasus ini.

Seperti biasa, tanggapan mengenai kasus ini cukup beragam. Ada yang menanggapinya positif ada juga yang menanggapi rangkaian tampilan kasus ini negatif. Diantara yang memberikan tanggapan positif adalah menyebutkan bahwa tayangan persidangan Jessica Wongso adalah ilmu baru dipersidangan. Namun tidak sedikit juga yang menyebutkan bahwa tayangan persidangan Jessica terlalu didramatisir oleh beberapa stasiun televisi.

Hal inilah yang membuat banyak pihak yang mempertanyakan berlebihannya media dalam mengekspose kasus ini yang dianggap sudah berlebihan dalam pemberitaaan sehingga melanggar praduga tak bersalah.

Pada Agustus 2016 yang lalu, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menyebutkan ada beberapa stasiun tv yang ‘berpotensi mengabaikan prinsip praduga tak bersalah, dan melakukan penggiringan opini publik, serta terlalu dini melakukan penghakiman’ terkait penyiaran tentang persidangan kasus pembunuhan Mirna ini.

Sementara itu, respon lainnya datang dari Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI), Jakarta. PBHI melaporkan hakim serta jaksa dalam sidang kasus Jessica ini ke Komisi Yudisial. PBHI menganggap Jaksa dan hakim menggelar persidangan yang tidak sesuai dengan hukum acara pidana terhadap Jessica. Tidak hanya itu, Lembaga ini juga melaporkan pengacara Jessica kepada Dewan Kehormatan Advokat dengan alasan yang sama pula

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional