Menu

Menristek Himbau Mahasiswa Tak Ikut Aksi Demo 4 November

Menristek Himbau Mahasiswa Tak Ikut Aksi Demo 4 November

topikterkini.com – Unjuk rasa besar-besaran akan digelar Jumat 4 November 2016 lusa. Menanggapi aksi demo tersebut, mahasiswa dihimbau tidak terlibat. Himbauan tersebut disampaikan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melalui Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir di gedung Ombudsman, pada Rabu, 2 November 2016 dengan mengirimkan himbauan berupa surat edaran ke semua perguruan tinggi. Dalam surat edaran tersebut, Mohamad Nasir meminta mahasiswa tidak terlibat dalam aksi unjuk rasa pada 4 November 2016 di Jakarta.

Hal senada juga disampaikan Intan Ahmad sebagai Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan di kementerian tersebut yang mengharapkan mahasiswa tidak ikut berdemo untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Intan menambahkan, sebagai seorang mahasiswa, sudah sewajarnya berpikir dewasa, dimana sebelum mengambil tindakan harus terlebih dahulu berpikir matang. Intan juga berharap, saat demo berlangsung, tugas insan pendidikan harus menjaga suasana damai dan tentram.

Namun demikian, pihaknya tidak akan memberikan ancaman hukuman bagi pelaku pendidikan yang ikut berunjuk rasa di Jakarta nanti. Namun, beliau berharap pelaku demo tidak membawa nama instansi pendidikan. Seperti yang tertera dalam surat edaran yang menyatakan jika ada civitas akademika yang ikut dalam kegiatan unjuk rasa tersebut, maka tidak diperkenankan menggunakan atribut perguruan tinggi atau hal yang bersangkutan lainnya.

Dalam surat yang disebarkan pada tanggal 2 November 2016 ini berisi tentang hibauan yang isinya merupakan harapan pada para pelaku pendidikan untuk tidak memaksakan kehendak, merusak, atau berbuat anarkistis dalam aksi demo 4 November nanti. Dalam surat edaran itu juga menyatakan masyarakat Indonesia memiliki kebebasan bersikap, berserikat, berkumpul, dan menyatakan pendapat di muka umum / berunjuk rasa. Namun, berpijak pada Tridharma Perguruan Tinggi, dalam hal ini diharapkan perguruan tinggi dapan menjadi sebuah institusi aktif yang tidak berpihak kepada suatu golongan atau kekuatan politik di dalam kehidupan masyarakat.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional