Menu

Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Cobalah Sebelum Terlambat

Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Cobalah Sebelum Terlambat

Topikterkini.com – Jantung merupakan bagian penting kehidupan kita. Orang yang mati biasanya ditandai dengan berhentinya detak jantung. Itu artinya, jantung menjadi tolok ukur kita disebut mati atau tidak. Jika jantung sudah berhenti berdetak, itu artinya sudah tidak ada lagi alat yang bisa memompa darah ke seluruh anggota tubuh. Besar kemungkinan kita akan mati bila jantung sudah berhenti berdetak.

Saat ini sudah banyak sekali jenis penyakit yang menyerang jantung. Rata-rata bukan disebabkan oleh kuman atau bakteri. Melainkan penyakit yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Untuk menjaga kesehatan jantung sebagai nadi kehidupan kita, kita memang harus menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini Topik Terkini sajikan tips menjaga kesehatan jantung dari penerapan pola hidup sehat:

Olahraga Secara Rutin

Olahraga tidak hanya dibutuhkan saat kondisi tubuh sedang menurun atau sedang sakit. Olahraga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kita sekarang dan di masa depan. Jika Anda ingin memiliki jantung sehat meski sudah usia lanjut, sebaiknya mulai sekarang berolahraga lah secara rutin dan kontinyu. Dengan berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu, kita telah meminimalisir kemungkinan melemahnya kerja jantung.

Hindari Makanan Mengandung Lemak Tinggi

Kolesterol atau lemak jahat dalam darah merupakan salah satu pemicu timbulnya penyakit jantung. Oleh karena itu, hindari makanan berkolesterol tinggi seperti gorengan, jeroan dan daging merah yang berasal dari sapi dan kambing. Kalau tidak bisa menghindar, kurangi makanan mengandung kolesterol tinggi mulai dari sekarang.

Makan Makanan yang Bagus Untuk Jantung

Salah satu jenis makanan yang membantu menjaga dan memperbaiki kesehatan jantung ialah kentang. Konsumsilah kentang sebanyak yang Anda bisa. Teknik memasak kentang pun harus diperhatikan. Kalau masih digoreng atau dimasak dengan daging, sama saja bohong. Rebuslah kentang, lalu makanlah rebusan kentang tersebut saja jika Anda sedang dalam proses penyembuhan penyakit jantung.

Hindari Stres dan Suka Marah-marah

Stres dan suka marah-marah sebetulnya juga sangat berpengaruh terhadap tubuh kita. Terutama terhadap pembuluh darah yang erat kaitannya dengan jantung. Untuk menjaga kesehatan jantung, jadilah pribadi yang tenang dan penyabar. Dengan begitu, kita meminimalisir kemungkinan terganggunya kesehatan jantung.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan jantung. Sebab bila sudah terlanjur sakit, jantung merupakan bagian tubuh yang sulit diobati. Butuh kesabaran dan ketelatenan dalam mengobati penyakit jantung. Yang terpenting, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional