Menu

Terbukti, Inilah Tips Menjaga Pola Hidup Sehat Agar Tidak Mudah Sakit

Terbukti, Inilah Tips Menjaga Pola Hidup Sehat Agar Tidak Mudah Sakit

topikterkini.com – Di Indonesia, pola hidup sehat masih merupakan sesuatu yang asing. Bagi masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah, kesehatan tidak begitu diperhatikan. Yang terpenting ialah kebutuhan hidup sehari-hari terpenuhi. Padahal menjaga pola hidup sehat merupakan sesuatu yang sangat penting. Dengan menjaga pola hidup sehat, kita meminimalisir kemungkinan untuk sakit.

Menjaga pola hiduop sehat sebenarnya bisa dilakukan oleh siapapun. Tidak memandang kelas ekonomi manapun. Syarat utamanya ialah kita menyadari akan pentingnya pola hidup sehat. Berikut ini tips agar tidak mudah sakit dengan melakukan hal berikut:

Tidur Cukup – Tidur Malam Bangun pagi

Tubuh kita memiliki hak sekaligus kewajiban. Jika ia sudah memenuhi kewajibannya, tubuh berhak memperoleh haknya. Salah satu hak tubuh ialah beristirahat dengan cukup, tidak lebih juga tidak kurang. Namun tidak sekadar tidur atau istirahat cukup. Alangkah lebih baik jika kita tidur malam antara pukul 08.00-09.00 malam. Sehingga kita bisa bangun pagi-pagi dengan segar, lalu menikmati udara pagi yang juga masih segar.

Makan Makanan Bernutirisi

Mencukupi kebutuhan nutirsi merupakan bagian dari hak tubuh. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi, berarti kita telah menerapkan pola hidup sehat. Dalam menu makanan sehari-hari, jangan hanya makan karbohidrat, protein dan lemak. Tapi juga harus dilengkapi dengan vitamin, kalsium serta berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh.

Hindari Makanan atau Minuman Yang Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Saat ini sudah banyak sekali jenis makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya. Diantaranya ialah makanan cepat saji, minuman berpewarna dan mengandung pengawet. Masih banyak lagi jenis makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya. Bahkan ada beberapa bahan alami yang apabila dikonsumsi secara berlebihan, dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Contohnya ialah minyak goreng dan lemak. Dimana kedua jenis makanan tersebut dapat menjadi penyebab penyakit serius seperti jantung dan stroke.

Berolahraga Minimal 3 kali Dalam Seminggu

Berolahraga merupakan aktivitas yang tidak boleh ditinggalkan oleh seseorang yang menjaga pola hidup sehat. Dengan berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu, kita membuat tubuh bermetabolisme lebih baik. Dengan berolahraga, kita meminimalisir resiko penyakit degeneratif.

Cukupi Kebutuhan Terhadap Sinar Matahari

Setiap makhluk hidup membutuhkan matahari untuk tubuhnya. Tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk berfotosintesis. Begitu pula dengan manusia. Kita membutuhkan sinar matahari untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Sedangkan satu-satunya sumber vitamin D ialah sinar matahari. Jadi bila Anda ingin sehat, berjemurlah di pagi hari sampai maksimal pukul 09.00. Atau di sore hari pada pukul 04.00 sore sampai matahari tenggelam.

Cukupi Kebutuhan Air

Untuk menjaga pola hidup sehat, kita dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan air. Air berfungsi untuk membantu mengoptimalkan seluruh kerja tubuh. Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Kekurangan air dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Dalam sehari-semalam, sebaiknya minum air sebanyak minimal 8 gelas.

Itulah tips menjaga pola hidup sehat sehingga tidak mudah sakit. Tips di atas bisa dilakukan oleh siapapun. Bukankah kesehatan itu tidak ternilai?

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional