Menu

Taliban Serang Diplomat Jerman di Afghanistan

Taliban Serang Diplomat Jerman di Afghanistan

topikterkini.com – Sebuah bom truk meledak di kantor Konsulat Jerman di Kota Mazari Sharif, Jumat (11/11). Taliban Afghanistan mangaku bertanggung jawab terhadap serangan yang menewaskan sebanyak enam orang, sementara sebanyak 128 orang lainnya luka-luka. Aksi ini adalah serangan balasan terhadap serangan udara yang dilakukan Amerika Serikat dan sekutu di Provinsi Kunduz beberapa waktu lalu yang menyebabkan 32 warga sipil tewas.

Seperti dilansir dari Arab News, Kepala Polisi Mazari Sharif, Sayed Kamal Sadat mengatakan pemboman dilakukan dengan menabrakkan truk yang dimuati bahan peledak ke Kantor konsulat Jerman.

Sementara itu, NATO bergerak cepat dengan mengerahkan pasukannya untuk melakukan evakuasi terhadap 21 anggota dari staf Konsulat Jerman. Ke 21 anggota ini saat ini ditampung di Kamp Marmal dan dijaga ketat. Sebanyak 6 jenazah yang merupakan warga sipil dibawa ke Rumah sakit kota Mazari Sharif . Dua dari 6 jenazah tersebut meninggal karena terkena tembakan. Sedangkan 128 orang lainnya mengalami luka-luka dan sebagian masih dalam keadaan kritis.

Abdul Razaq Qadri selaku Wakil kepala polisi setempat, menyebutkan duo korban yang tewas adalah pengendara motor yang saat kejadian berlangsung sedang melintas ke arah gedung Konsulat Jerman dan menolak untuk menyingkir saat diperingati oleh petugas keamanan sehingga kemudian ditembaki oleh pasukan Jerman.

Menteri Luar Negeri Jerman, Frank-Walter Steinmeier menyatakan bangunan kantor Konsulat Jerman rusak parah. Ia juga bersimpati kepada warga Afghanistan yang menjadi korban.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional