Menu

Google Peringati Ulang Tahun Dewi Sartika

Google Peringati Ulang Tahun Dewi Sartika

Topikterkini.com – Sebagai kepeduliannya terhadap Indonesia, hari ini Google Doodle memperingati hari lahirnya Dewi Sartika yang jatuh pada Sabtu (4/12/2016). Sebagai salah satu pahlawan besar nasional, perempuan kelahiran Bandung pada tahun 1884 hari ini genap berusia 132 tahun.

Kartun Dewi Sartika hari ini menghiasi halaman Google.co.id. Dalam halaman utama mesin pencarian tersebut, Google menampilkan Dewi Sartika dan 6 perempuan lainnya yang mengenakan kebaya. Maksud dari gambar Google Doodle ini adalah Dewi Sartika sedang mengajarkan murid-muridnya di papan tulis dengan masing-masing murid menulis salah satu huruf menjadi kata Google.

Dewi Sartika merupakan pahlawan wanita Indonesia dibidang pendidikan. Wanita asal bandung ini mendirikan Sakola Istri pada tahun 1904 yang merupakan sekolah perempuan pertama di Indonesia. 10 tahun kemudian, sekolah tersebut berganti nama menjadi Sakola Keutamaaan Istri yang kemudian semakin populer. Sekolah tersebut kemudian dibuka di berbagai daerah di luar Bandung.

Saat usia sekolah tersebut telah 25 tahun, tepatnya pada tahun 1929 sekolah itu kembali berganti nama lagi menjadi “Sakola Raden Dewi”. Berkat Dewi Sartika, wanita-wanita Indonesia saat itu bisam mengecap pendidikan yang sama layaknya kaum laki-laki.

Lahir dalam keluarga kaum priyayi dari pasangan Raden Somanagara dan Radem Ayu Rajapermas, Dewi Sartika menjadi salah satu wanita yang mampu bersekolah di negeri Belanda. Saat itu, Pendidikan adalah hal yang langka bagi kaum hawa. Oleh karenanya, Dewi Sartika berinisiatif membagikan pengetahuan yang ia miliki kepada kaum perempuan di tanah air saat  ia pulang ke Indonesia. 

 

Buah dari kerja keras Dewi Sartika, hampir semua anak-anak pembantu rumah tangga di kepatihan bisa belajar di sekolah layaknya kaum laki-laki. Sehingga, banyak kaum wanita saat itu yang akhirnya mampu membaca, menulis dan bisa berbahasa belanda.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional