Menu

Jika Otot Kaku, Lakukan Aktivitas Ini Agar Otot Tetap Lentur

Jika Otot Kaku, Lakukan Aktivitas Ini Agar Otot Tetap Lentur

topikterkini.com – Saat usia seseorang semakin bertambah, saat itu juga kesehatannya berangsur-angsur menurun. Orang yang sudah mulai memasuki usia tua, biasanya akan mengalami berbagai masalah kesehatan. Masalah kesehatan tersebut terjadi secara bergantian. Ada yang ringan, ada pula yang berat. Salah satu masalah kesehatan yang mulai dialami orang tua ialah, masalah otot kaku.

Saat beranjak tua, orang akan mengalami masalah kaku pada otot. Otot biasanya akan sering sakit-sakitan serta sulit untuk digerakkan. Ini dikarenakan otot sudah terlalu lama digunakan untuk bekerja, sedangkan usianya sudah tidak lagi muda. Juga disebabkan karena kurangnya perawatan terhadap otot akibat kurang olahraga. Banyak orang tua yang ingin memiliki otot lentur dan tidak sakit-sakitan seperti saat masih muda. Maka kuncinya ialah terletak pada aktivitas yang kita lakukan. Aktivitas bekerja yang gerakannya ‘itu-itu saja’, bahkan cenderung banyak diam, jelas membuat otot kaku.

Inilah Cara Mengatasi Otot Kaku Yang Sering Menyerang:

Senam

Jika sering mengalami otot kaku,  senam merupakan aktivitas yang sangat baik. Senam merupakan aktivitas yang paling mungkin dilakukan oleh semua orang. Karena gerakannya ringan, serta tidak memerlukan waktu lama. Senam biasanya menggerakkan semua bagian otot dan sendi-sendi tubuh. Mulai dari leher, bahu, lengan, tangan, pnggang, paha, lutut, dan kaki. Selain melenturkan otot, senam juga membantu menjaga kesehatan sendi.Gerakan senam biasanya terdiri dari pemanasan, peregangan dan pelemasan.

Yoga

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang membantu mengatasi otot kaku dan melatih kekuatan dan kelenturan otot. Di samping itu, yoga juga digunakan untuk menenangkan pikiran. Karena dalam setiap gerakan-gerakan yoga, dibutuhkan konsentrasi penuh dan ketenangan pikiran. Dalam sekali gerakan, seorang yang melakukan yoga harus menahan gerakannya selama hitungan detik sampai menit. Tentu sambil lalu berusaha menenangkan pikiran.

Bela diri

Bila pembaca ingin menjaga agat otot tetap lentur, bisa mengikuti latihan bela diri. Bela diri merupakan jenis olahraga sekaligus seni. Karena dalam bela diri, ada aturan-aturan gerakan yang disebut jurus. Jurus-jurus tersebut terlihat indah dan serasi antara gerakan satu dengan lainnya. Selain gerakan jurus, dalam berlatih bela diri biasanya didahului oleh pemanasan berupa senam. Hal ini bertujuan untuk melenturkan otot dan meminimalisir cedera otot selama proses latihan. Sebab bila mengalami cedera, gerakan bela diri yang kasar akan menimbulkan cedera parah.

Menari

Menari memang bukan merupakan jenis olahraga. Namun masuk kategori aktivitas yang bisa menjaga otot agar tetap lentur. Jika kita perhatikan, gerakan menari mirip dengan gerakan bela diri. Namun bedanya, gerakan menari cenderung lembut, sedangkan gerakan bela diri cukup keras dan kasar. Keduanya sama-sama membantu menjaga kelenturan otot.

 Itulah beberapa aktivitas yang bisa membantu otot agar tetap lentur. Bila pembaca merasa otot mulai kaku, itu tandanya Anda harus mulai berolahraga atau menari dan melatih kelenturan otot secara perlahan. Jika Anda melakukan gerakan keras pada otot kaku secara tiba-tiba, dapat mengakibatkan cedera.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional