Menu

Inilah Ragam Destinasi Wisata di Sumenep Madura

Inilah Ragam Destinasi Wisata di  Sumenep Madura

Pada tahun 2017, Pemkab. Sumenep memiliki program visit Sumenep dengan target wisatawan 1 juta orang atau lebih. Hal ini wajar karena memang Sumenep merupakan kabupaten yang memiliki banyak sekali objek wisata yang sudah terkenal. Objek wisata di Sumenep pun beragam. Mulai dari wisata alam, budaya hingga kerajinan. Nah, bagi Anda yang berencana mengunjungi Kab. Sumenep, berikut ini beberapa objek wisata menarik di Sumenep.

Beberapa Tempat Wisata Di Sumenep Menjadi Tujuan Sejumlah Wisatawan

Wisata Asta Sayyid Yusuf

Di samping panorama alamnya yang memikat, Sumenep juga menawarkan objek wisata religi. Karena di Sumenep banyak terdapat makam-makam tokoh agama dan pemerintahan. Asta Sayyid yusuf merupakan salah satu objek wisata religi di Sumenep. Terletak di pulau Poteran, Kec. Talangoh Kab. Sumenep. Wisata religi ini biasanya ramai oleh peziarah dari luar pulau Madura. Bila tiba pada malam hari, kebanyakan dari mereka memilih untuk menginap. Karena tempatnya pun disediakan penginapan. Perjalanan menuju pulau Poteran ditempuh dengan perahu motor atau kapal tongkang dengan ongkos Rp. 2000/ orang (tidak termasuk kendaraan). Setelah itu perjalanan bisa dilanjutkan dengan kendaraan pribadi, becak motor atau berjalan kaki menuju lokasi makam Sayyid yusuf.

Wisata Religi Asta Tinggi

Asta tinggi dikenal sebagai objek wisata religi  sekaligus sejarah. Disebut wisata religi, karena orang-orang yang berkunjung ke sana banyak yang melakukan tahlil. Disebut wisata sejarah, karena makam-makam yang ada area Asta Tinggi banyak yang merupakan keluarga keraton sumenep. Pengujung bisa belajar silsilah keraton Sumenep kepada juru kunci makam.

Wisata Air Waterpark Sumekar

Salah satu tempat wisata di Sumenep adalah Waterkpark. Waterpark Sumekar terletak di Desa Kasengan, Kec. Manding Sumenep, ± 500 m ke barat dari Astah Tinggi. Wisata air waterpark ini masih relatif baru. Namun pengunjungnya sudah lumayan ramai, terlebih pada hari libur.

Taman Bunga Sumenep

Bila Anda berwisata ke Sumenep, jangan lewatkan pusat kota Sumenep, yakni Taman Bunga. Taman ini akan ramai dengan beragam kuliner di sore hari. Bila Anda ingin berkeliling tanpa harus berjalan kaki, bisa naik odong-odong. Odong-odong tersebut didesain beragam dengan corak tradisional, tapi terlihat mewah.

Wisata Kerajinan Kayu Ukir Karduluk

Di Sumenep terdapat satu desa yang disebut Kampung Ukir. Desa tersebut ialah Desa Karduluk. Desa ini berada di jalan akses utama. Desa Karduluk terkenal sejak dulu sebagai penghasil ukiran kayu khas Madura. Penduduk di sana rata-rata memiliki keterampilan mengukir. Penghasilan mereka pun diperoleh dari penjualan perabotan kayu berukir.

Wisata Bukit Tinggi Daramista

Wisata di Sumenep yang satu ini merupakan destinasi yang sangat baru. Namun namanya sudah terkenal hingga ke luar Madura. Dari bukit Daramista Kec. Lenteng ini, pengunjung bisa melihat luas Kab. Sumenep ke arah timur. Dari sini, wisatawan bisa melihat beberapa kepulauan yang terdapat di sumenep. Juga lahan-lahan di Sumenep yang masih didominasi warna hijau. Tanda bahwa kabupaten ini masih begitu asri.

Wisata Sejarah Museum dan Bekas Keraton Sumenep

Sumenep merupakan salah satu kabuten yang bukti sejarahnya masih dipertahankan dan dijadikan objek wisata. Untuk melihat bukti sejarah Keraton Sumenep (dulu Songenep), Anda bisa berkunjung ke musium dan bekas keraton Sumenep. Keduanya saling berhadapan, hanya dipisah oleh jalan raya. Di sana juga terdapat tour guid yang memandu para wisatawan melihat beberapa objek wisata sejarah yang masih ada.

Wisata Sejarah Gua Payudan

Berbatasan dengan kabupaten Pamekasan, gua ini menyimpan beragam cerita. Bila Anda tahu kisah Potré Konéng, di sinilah ia bertapa dan kemudian hamil. Dari kehamilan Potré Konéng ini kemudian lahir anak yang diberi nama Joko Tole. Bila Anda ingin sambil berolahraga, berwisatalah ke Gua Payudan. Karena cara terbaik untuk mencapai puncak dan memasuki gua, ialah dengan berjalan kaki.

wisata di sumenep pantai salopeng

Pantai Slopeng

Pantai Slopeng terletak di Kecamatan Dasok, Sumenep. 21 km dari pusat kota Sumenep. Kelebihan dari Pantai Slopeng ini, ialah pasirnya yang putih dan bersih. Ombaknya cenderung tenang. Terdapat banyak pohon cemara udang yang menaungi para wisatawan. Selain itu, sebagian masyarakat sekitar memelihara kuda dan disewakan kepada wisatawan yang ingin menikmati pantai sambil naik kuda.

Pantai Lombang

Pantai Slopeng dan Lombang memiliki kesamaan. Sama-sama ditanami pohon Cemara Udang yang membuatnya sejuk dan rindang.

Wisata Kepulauan

Sebagai kabupaten yang terdiri dari banyak pulau, Sumenep memiliki beberapa objek wisata kepulauan. Ada wisata snorkling di Gili Labak. Ada juga wisata alam dengan udara terbersih di dunia, yakni Gili Iyang. Satu hal lagi, kawasan wisata terbaru di Sumenep yakni, Pantai Sembilan.

Desa Wisata Semaan

Salah satu destinasi wisata di Sumenep yang tidak kalah menarik. Desa ini menyajikan beberapa keragaman khas masyarakat Desa Semaan Kecamatan Dasuk Sumenep. Salah satunya adalah Batu Cening atau Beto Cenning. Batu ini berbeda dengan batu pada umumnya. Kendati merupakan jenis batu, namun batu cenning ini bisa berbunyi layaknya besi apabila di pukul.

 

Itulah beberapa objek wisata menarik di Sumenep. Sebenarnya masih banyak lagi objek wisata di Sumenep. Apalagi sejak dikembangkannya ASIDEWI MADURA RAYA (Asosiasi Desa Wisata Indonesia). Perkembangan wahana dan daerah wisata di Sumenep menjadi lebih menarik dan  menggoda pengunjung. Tertarik untuk mencoba. Pastikan Anda tidak melewatkan salah satunya. Karena semua destinasi wisata yang telah disebutkan di atas relatif murah.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional