Menu

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Tips menjaga kesehatan di musim hujan sangat penting agar aktivitas dan kebugaran tetap terjaga di musim penghujan. Musim hujan memang membawa berkah tersendiri. Di musim hujan, berbagai jenis tanaman dan pepohonan tumbuh dengan subur. Namun di samping itu, musim hujan juga menjadikan kondisi tubuh kita rentan sakit. Penyebabnya beragam. Mulai dari kuman dan bakteri yang berkembang lebih pesat di cuaca lembab. Juga karena kondisi tubuh kita yang tidak tahan terhadap cuaca dingin. Akibatnya, tubuh rentan sekali terserang penyakit. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan di musim hujan merupakan perkara yang harus diperhatikan.

Berikut ini tips menjaga kesehatan di musim hujan versi TopikTerkini:

Perbanyak Minum Air Hangat

Tips Menjaga Kesehatan yang pertama adalah perbanyak konsumsi air hangat. Pada saat cuaca terus menerus hujan, udara menjadi lembab dan dingin. Udara di sekitar kita mengandung kadar air yang tinggi. Akibatnya tubuh lebih dingin dibandingkan ketika musim kemarau. Ada beberapa ,jenis tubuh orang yang tidak tahan terhadap cuaca dingin. Karena tidak tahan dingin, tubuh merespon secara berlebihan dan akhirnya menjadi sakit. Maka dari itu, perbanyak lah minum air hangat saat musim hujan. Air hangat membantu menghangatkan badan agar tidak mudah sakit akibat kedinginan.

Tetap Lakukan Olahraga Ringan

Tips Menjaga Kesehatan di musim penghujan berikutnya adalah rutin olahraga. Ketika ingin lari pagi, kadang batal karena hujan turun atau kondisi jalan yang becek setelah hujan. Meski demikian, kita harus tetap melakukan olahraga ringan. Yakni olahraga yang bisa dilakukan di rumah atau ruangan seperti senam dan yoga. Dengan tetap berolahraga, kita membuat tubuh tetap bugar meski kadang mengalami kedinginan. Dengan berolahraga, tubuh juga akan menjadi lebih hangat dan berkeringat.

Hindari Hujan-hujanan Bila Badan Sedang Terasa Kurang Enak

Siapapun boleh menyukai hujan. Namun hindari hujan-hujanan bila kondisi tubuh sedang lelah atau kurang sehat. Bila itu dilakukan, kondisi kesehatan akan semakin menurun. Saat tubuh sedang berada pada kondisi tidak maksimal, ditambah dengan hujan-hujanan, tubuh tidak mampu melawan serangan kedinginan dan bakteri atau virus di sekitar kita. Makanya tubuh menjadi mudah sekali sakit.

Cukupi Asupan Vitamin

Pada musim  hujan, tubuh harus bekerja lebih keras untuk melawan penyakit. Secara otomatis, tubuh membutuhkan asupan vitamin lebih banyak dibandingkan biasanya. Teutama vitamin C yang berfungsi membantu daya tahan tubuh terhadap penyakit. Perbanyaklah makan buah yang mengandung vitamin C. Atau minum tablet vitamin C yang bisa kita temukan di apotek-apotek.

Jaga Kebersihan Lingkungan

 

Menjaga kebersihan merupakan Tips Menjaga Kesehatan di musim penghujan yang juga sangatlah penting. Musim hujan merupakan lahan subur bagi berkembangnya kuman, bakteri, virus dan penyebab penyakit lainnya. Karena pada musim hujan, udara menjadi lembab, daerah di sekitar kita juga cenderung lebih kotor dan lembab. Jagalah kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, membersihkan rumah, serta menjaga kebersihan air yang kita gunakan. Usahakan tidak ada tempat-tempat tergenang di sekitar kita yang bisa menjadi sarang nyamuk. Karena pada musim hujan, nyamuk pembawa penyakit juga bisa berkembang biak lebih banyak.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional