Menu

Waduh, Harga Cabe Rawit Mencapai 1000 Perbiji

Waduh, Harga Cabe Rawit Mencapai 1000 Perbiji

topikterkini.com – Harga Cabe Rawit mencapai 1000 perbiji di Kota Solo. Dengan naiknya harga cabe ini maka sangat mempengaruhi pada penjualan. Tidak hanya harga penjualan cabe, beberapa penjual makanan yang menggnakan cabe pun akhirnya mengeluhkan tingginya harga cabe rawit atau cabe setan ini.

Tingginya harga cabe rawit ini terjadi di pasar Kota Solo. seorang pedagang yang bernama Sri Lestari mengatakan bahwa Harga cabe merah atau cabe rawit membumbung tingg sejak 4 hari yang lalu. Harga yang sebelumnya Rp 80 ribu hingga Rp 90 ribu perkilogram naik lebih 100%. Bayangkan untuk  cabe sekilogram bisa mencapai Rp 175 ribu. Alhasil penjualan cabe pun menurut tajam.

Selain mahal, cabe rawit di Solo juga kekurangan pasokan. Cabe yang biasanya diambil dari petani di Boyolali saat ini tidak panen. Minimnya pasokan ini menyebabkan pedagang hanya bisa menjual cabe minimal 1 ons. Alasannya cukup masuk akal. Lestari menjelaskan dirinya tidak apabila ada orang membeli cabe Rp 2000 hanya dikasih 2 biji. Sangat terlalu sedikit jika dibandingkan dengan sebelum kenaikan harga.

Kenaikan harga cabe rawit mencapai 1000 perbiji ini sebenarnya sudah diprediksikan oleh Badan Pusat Statisti (BPS) setempat. Menurut Kepala Badan Pusat Statistik Kota Surakarta, R Bagus Rahmat Susanto Mengatakan bahwa di Solo terjadi kenaikan inflasi yang cukup tinggi. Pada bulan januari inflasi di kota ini mencapai 1,16 persen. Angka ini sangalah tinggi pasalnya pada bulan sebelumnya, yakni bulan Desember 2016 inflasi yang terjadi hanya di angka 0,30 persen.

 Dengan kata lain inflasi yang terjadi di bulan januari naik hampir menembus empat kali lipat. Tingginya inflasi ini mempengaruhi kenaikan harga di kota tersebut. Bahkan menurut R Bagus Rahmat harga cabe rawit masih akan naik di bulan Februari. Cabe merah juga menjadi tren yang harus diwaspadai kenaikannya. Karena biasanya kenaikan cabe akan berpengaruh pada kenaikan harga lainnya. Terlebih bagi makanan yang menggunakan cabe sabagai bahan dasarnya seperti rujak, dan sebagainya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional