Menu

Inilah Tips Mudah Menjaga Kesehatan Kulit

Inilah Tips Mudah Menjaga Kesehatan Kulit

topikterkini.com – Menjaga kesehatan kulit merupakan  kegiatan yang harus dilakukan. Seperti yang diketahui kulit cantik merupakan tanda kulit sehat. Bila kulit berwarna sedikit kemerahan, tidak pucat, terlihat bersih serta terdapat kerutan sesuai usia, itulah tanda kulit sehat. Perawatan merupakan cara terbaik menjaga kesehatan kulit. Namun bila menyebut soal perawatan, seakan identik dengan sesuatu yang dilakukan secara khusus. Padahal dalam merawat diri, harus dilakukan setiap hari. Tidak perlu melakukannya secara khusus.

Menjaga kesehatan kulit juga tidak harus selalu pergi ke salon. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga anggota badan terliar kita ini. Tentunya tidak perlu mengeluarkan biaya mahal atau harus meninggalkan pekerjaan wajib sehari-hari. Adapun cara menjaga kesehatan kulut bisa disimak di bawah ini.

Inilah cara menjaga kesehatan kulit dengan mudah:

Perbanyak Minum Air

Cara merawat dan menjaga kesehatan kulit yang pertama adalah banyak mengkonsumsi air. Air merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan dan tubuh kita. Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Air juga menjaga kelembaban serta kesehatan kulit. Untuk menjaga agar kulit tetap sehat, kita harus memperbanyak minum air. Kalau bisa, minumlah 8 gelas air dalam sehari atau lebih. Karena kekurangan air dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan pecah-pecah.

Perbanyak Konsumsi Makanan Bervitamin dan Mengandung Kolagen

Tips berikutnya dalam menjaga kesehatan kulit adalah dengan mengkonsumsi vitamin. Salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan untuk merawat kesehatan kulit ialah vitamin E. Vitamin E bisa kita peroleh dari bahan makanan berupa kacang-kacangan. Selain vitamin E, kulit juga butuh kolagen untuk menjaga elastisitasnya. Kolagen merupakan jaringan pengikat yang terdapat di bawa kulit. Karena jaringan pengikat tersebut, kulit menjadi kencang dan elastis. Makanan yang mengandung kolagen diantaranya ialah jenis buah-buahan berry.

Hindari Sinar Matahari Secara Langsung

Bila Anda ingin menjaga kesehatan kulit, hindari paparan sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari langsung dapat menyebabkan gangguan kesehatan kulit, mulai dari yang ringan hingga berat. Gangguan kesehatan kulit diantaranya kulit akan terbakar dan muncul bintik-bintik hitam. Sedangkan gangguan kesehatan kulit berat bisa berupa kanker kulit. Secara kesehatan, sinar matahari memang dibutuhkan tubuh sebagai sumber vitamin D. Namun dalam kadar radiasi tinggi, sinar matahari cukup berbahaya bagi kesehatan kulit. Makanya ketika beraktivitas di luar ruangan, kita dianjurkan untuk menggunakan krim SPF atau pakaian tertutup.

Gunakan Pelembab

Cara paling mudah menjaga kesehatan kulit ialah dengan menggunakan pelembab. Pelembab membantu menjaga kelembaban kulit, terutama bagi Anda yang memiliki masalah kulit kering. Karena kulit kering memiliki resiko lebih tinggi mengalami penuaan dini. Dalam hal ini, pelembab dibutuhkan untuk menjaga kulit dari resiko penuaan dini. Gunakan pelembab mengandung SPF di siang hari. Serta gunakan pelembab khusus malam ada malam hari.

Bersihkan Daki Setiap Hari Sekali

Untuk menjaga kesehatan kulit, kita dianjurkan untuk mandi sebanyak 3 x sehari. Dalam kondisi tertentu, bisa lebih atau kurang. Namun jangan lupa, saat mandi bersihkan pula daki yang menempel pada kulit. Daki merupakan kumpulan dari minyak dan kotoran yang menempel pada bagian kulit luar. Membersihkan daki bertujuan untuk menjaga agar pori-pori kulit tidak tersumbat daki. Dengan begitu, pori-pori bisa mengeluakan kotoran dengan baik.

 

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan kulit yang bisa dicoba. Tidak perlu mahal atau ke salon, karena kita bisa melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan tetap menjaga kesehatan kulit Karena kulit hanya akan terlihat putih dan mulus bila terjaga kesehatannya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional