Menu

Inilah Kebiasaan Buruk yang Dapat Mengganggu Kesehatan

Inilah Kebiasaan Buruk yang Dapat Mengganggu Kesehatan

topikterkini.com – Kebiasaan Buruk yang dapat mengganggu kesehatan fisik merupakan hal yang sering kita lakukan. Kesehatan merupakan anugerah yang tak ternilai harganya. Hanya orang yang tidak sempurna akalnya, yang mau menukar kesehatan dengan harga tertentu. Karena pada dasarnya, tidak ada manusia yang ingin sakit. Untuk menjaga kesehatan, berbagai cara dilakukan. Namun seiring dengan upaya menjaga kesehatan, beberapa orang memiliki kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan.

Inilah beberapa kebiasaan buruk sehari-hari yang dapat mengganggu kesehatan kita:

Tidur Pagi

Kebiasaan Buruk yang pertama adalah tidur ketika pagi. Tidur di malam hari hingga menjelang pagi merupakan pemicu kesehatan kita jadi memburuk. Karena waktu yang akan kita gunakan untuk beristirahat sangat terbatas. Makanya pakar kesehatan menganjurkan kita tidur antara pukul 08.00-09.00 malam. Lewat dari itu, porsi tidur kita akan berkurang. Nah, salah satu kebiasaan yang tak kalah buruk, ketika kurang tidur di malam hari, kita akan menambahkannya di pagi hari. Bangun untuk shalat subuh, kemudian tidur lagi. Ini kebiasaan yang sangat buruk. Karena waktu di pagi hari seharusnya kita gunakan untuk berolahraga, justru kita gunakan untuk tidur.

Malas Berolah raga

Kebiasaan buruk berikutnya adalah malas berolah raga. Kata malas memang seakan tidak bisa sepenuhnya terpisahkan dari manusia. Siapapun itu, pasti pernah mengalami rasa malas. Namun beberapa orang bisa mengatasi dengan baik, tapi sebagian besar tidak bisa. Rasa malas berolahraga merupakan salah satu pemicu kesehatan kita menurun. Tidak berolahraga dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kaku otot, juga permasalahan pada organ vital seperti otak dan jantung.

Pola Makan Tidak Teratur

Pola makan yang tidak teratur juga menjadi kebiasaan buruk yang tidak baik bagi kesehatan. Seperti yang diketahu Pola makan pun sangat menentukan terhadap kondisi kesehatan kita. Pola makan tidak teratur dapat mengakibatkan masalah kesehatan pencernaan. Orang yang pola makannya tidak teratur bisa mengalami sakit mag, asam lambung naik, serta berbagai masalah pencernaan lainnya. Menurut ahli keseatan, pola makan yang baik ialah sebanyak 3 x sehari; di pagi, siang dan sore atau malam hari. Kadang ada orang yang enggan makan di pagi hari, tapi ketika siang hari, membalas dengan makan sebanyak mungkin. Padahal pola seperti itu dapat mengakibatkan lambung bekerja sangat berat. Kalau lambung tidak kuat, maka makanan akan dimuntahkan.

Suka Sekali Makan Junk Food

Meski pola makan baik, tapi kita tidak memperhatikan jenis makan, itu percuma juga. Terutama bila kita terlalu sering, bahkan suka sekali makan jenis makanan tidak sehat. Itu juga akan mengganggu terhadap kesehatan kita. Karena dalam makanan, harus mengandung asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Bukan sekadar enak dan mengenyangkan. Dengan nutrisi tersebut, tubuh bisa berkerja secara optimal.

Kebiasaan Buruk Seperti Merokok dan Minum Alkohol

Kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan lainnya ialah merokok dan suka minum alkohol. 2 kebiasaan tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah ringan hingga serius. Pada kadar penggunaan tertentu, bila tubuh tidak memiliki sistem imun kuat, tubuh akan mengalami kerusakan. Mulai dari masalah paru-paru, jantung, kanker dan lain sebagainya. Karena dengan menggunakan rokok dan minum alkohol, sama saja kita memasukkan racun ke dalam tubuh. Racun tersebut dapat merusak tubuh dalam jangka waktu yang panjang.

 Itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan fisik kita. Bila ingin tetap sehat, hindari kebiasaan-kebiasaan di atas. Kalau sudah terlanjur terbiasa, berusahalah untuk meninggalkannya.

1 Komentar

  1. Ibnu

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional