Menu

Inilah Ciri Traveller Sejati, Anda Termasuk Apa Tidak

Inilah Ciri Traveller Sejati, Anda Termasuk Apa Tidak

Bagi hampir semua orang, travelling ke tempat wisata merupakan sebuah pekerjaan yang menyenangkan. Beberapa orang bahkan menuliskan ‘travelling’ ke dalam daftar hobinya. Ini menunjukkan bahwa berwisata memang aktivitas menyenangkan. Tujuannya tentu untuk menyenangkan diri sendiri. Mengeluarkan diri dari rasa bosan yang mengganggu kehidupan.

Namun tahukah Anda? Perjalanan berwisata bukan sekadar sebuah perjalanan. Ia memiliki arti mendalam. Gaya atau cara seseorang melakukan perjalanan dapat menentukan ia adalah traveller sejati atau bukan.

Berikut ini ciri traveller sejati versi TopikTerkini:

Perjalanan Merupakan Kesempatan Menambah Pengalaman, Bukan Sekadar Mengambil Foto

Ada beberapa jenis orang yang pergi ke sebuah tempat wisata, tapi setibanya di sana hanya sibuk berfoto. Foto-foto tersebut akan dijadikan sebagai ajang pamer sepulangnya nanti. Mengambil foto bertujuan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa dirinya pernah ke tempat itu. Padahal hakikatnya, perjalanan bukan sekadar untuk berfoto ria.

Berwisata berarti menambah pengalaman baru yang mengesankan. Untuk menambah pengalaman baru, tentu bukan dengan sekadar berfoto. Seorang traveller harus mengeksplor objek wisata, berbaur dengan orang-orang di sana. Juga berinteraksi dengan teman melalui cara di tempat yang menarik. Misalnya seseorang pergi berwisata ke pantai. Akan menjadi hambar bila sekadar mengambil foto, duduk-duduk lalu pulang. Bila berwisata ke pantai, seharusnya mencoba mandi di pantai sambil bermain pasir. Itu baru terasa kalau sedang liburan.

Pandai Bersikap Selama Berada di Perjalanan dan Tempat Wisata

Bagi seorang traveller sejati, sikap selama berwisata merupakan sesuatu yang penting. Seorang traveller sejati mungkin akan menyapa pengelola tempat untuk mengetahui kelebihan dari objek wisata tersebut. Seorang travelling juga harus menghargai adat masyarakat sekitar sebagai sebuah bentuk toleransi. Tidak buang sampah sembarangan juga merupakan salah satu ciri dari seorang wisatawan sejati. Baik itu selama perjalanan atau saat sudah tiba di tempat wisata.

Perjalanan Tidak Lengkap Tanpa Kehadiran Teman

Seorang wisatawan sejati tidak akan menikmati perjalanannya bila sendirian. Sebab kehadiran teman menjadikan perjalanan lebih seru dan berarti. Kalaupun ia bersama pasangan, pasti tidak lengkap bila belum mengajak teman. Kecuali perjalanan yang dilakukan memang khusus bersama pasangan; seperti bulan madu.

Traveller Sejati akan Menyimpan Perjalanan Tersebut dalam Kesan Mendalam

Ciri traveller sejati yang terakhir ialah tentang kesan yang akan ia simpan. Bagi seorang traveller, harus ada oleh-oleh yang bisa ia simpan sebagai kenang-kenangan atas perjalanannya. Jadi foto ia gunakan sebagai pengingat atas pengalamannya yang berkesan. Bukan sekadar untuk ditunjukkan kepada temannya nanti. Atau bila ada, seorang traveller akan membeli souvenir sebagai kenang-kenangan atau oleh-oleh.

 Itulah ciri traveller sejati. Pertanyaannya sekarang, sudahkah kita menjadi traveller yang sesungguhnya saat melakukan perjalanan? Ataukah hanya sekedar ikut-ikutan tren saja tanpa memperdulikan tujuan dari perjalanan itu sendiri?

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional