Menu

Jangan Asal Charge Hp, Ini Dia Cara Charge Smartphone Agar Baterai Tahan Lama

Jangan Asal Charge Hp, Ini Dia Cara Charge Smartphone Agar Baterai Tahan Lama

topikterkini.com – Cara Charge Smartphone agar baterai bisa tahan lama tidak banyak yang tahu. Perkembangan gadget yang terus meningkat serta spesisifikasi yang memumkau ternyata tidak bersamaan dengan kualitas perangkatnya. Hal ini bisa dibuktikan banyak smartphone yang baterainya cepat habis bahkan tidak sedikit juga yang rusak.Padahal baterai pada smartphone ibaratkan power yang diharapkan selalu ada. Jika tidak maka kita akan kesulitan ketika tengah akan menggunakan smartphone tersebut.

Sebenarnya banyak masyarakat saat ini yang mulai mengakali dengan membawa powerbank kemana-mana. Keberadaan powerbank dianggap sebagai solusi mengatasi smartphine yang batereinya tidak normal alias bermasalah. Namun membawa powerbank kemana-mana juga tidak cukup baik. Oleh karena itu langkah terbaik adalah merawat baterai agar awet dan tahan lama. Salah satu perawatan baterai smartphone adalah melalui cara charge-nya. Adapun tips charge baterai hape bisa disimak di bawah ini.

Cara charge smartphone agar baterai awet dan tahan lama:

1. Gunakan charger asli

Charger asli atau bawaan adalah charger terbaik untuk smartphone. Namun hal ini kerap dianggap sepele. APalagi dalam momen tertentu banyak yang asal gunakan charger bukan asli atau charger bawaan smartphone lain. Kendati memang harus menggunakan charger lain, hendaknya memeriksa lebih dahulu apakah ampere sama voltasenya sama. Jika tidak, maka akan menunggu waktu kerusakan baterei smartphone tersebut.

2. Jangan Mengechas Terlalu Lama

Kebiasaan mengisi baterai ponsel di malam hari kadang menjadi solusi ditengah kesibukan sehari-hari. Namun hal itu tidak cukup baik bagi baterai smartphone. Smartphone akan mengalami overhead sehingga dapat menyebabkan baterai menjadi cepat rusak. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga baterai bisa meledak.

3.  Minimum Terisi

Cara charge smartphone yang baik adalah dengan memperhatikan kapasitas tenaga dalam baterai. Untuk ambang batas, biasanya 80% charger sudah bisa dicabut. Namun seiring kebutuhan dan kesibukan tidak sedikit yang langsung mencabut charger walaupun baterai masih belum terisi sempurna. 

4. Sering Charge Hape

Penggunaan smartphone yang sangat penting kadang membuat orang ringan untuk mengisi baterai. Tidak sedikit kebiasaan orang yang mengisi baterainya apabila sudah di bawah 50%. Padahal batas bawah baterai adalah 20%. Jadi sebaiknya tunggulah hingga batrai berisi di bawah 20% baru boleh di charge. 

5. Hindari Panas

Penggunaan smartphone yang menjadi multi fungsi kadang membuat perangkat hape bekerja ekstra keras. Termasuk baterai yang juga turut memanas apabila terlalu berat penggunaan smartphone tersebut. Apabila smartphone panas, maka baiknya hentikan dulu penggunaan dengan menggunakan mode pesawat atau juga bisa mencabut cassing eksternal yang sering digunakan untuk mengamankan smartphone.

Itulah beberapa tips dan cara charge smartphone agar baterei menjadi lebih awet dan tahan lama. Jangan remehkan masalah baterei, karena jika rusak maka akan kesulitan sendiri. 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional