Menu

Bunda, Inilah Beberapa Obat Alami Pereda Demam pada Anak

Bunda, Inilah Beberapa Obat Alami Pereda Demam pada Anak

Obat alami pereda demam pada anak – Demam merupakan penyakit musiman yang bisa diderita oleh semua usia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Demam biasanya ditandai dengan suhu tubuh yang naik namun penderitanya merasa kedinginan. Bagian tubuh tertentu seperti kaki atau tangan terasa dingin. Sedangkan suhu tubuh yang lain justru meningkat.

Saat anak mengalami demam, orang tua biasanya menjadi sangat khawatir. Berbagai cara dilakukan untuk menurunkan suhu badan anak. Seperti mengompres bagian dahi, hingga membawanya ke dokter bila demam anak belum juga reda.

Inilah Beberapa Obat Alami Pereda Demam pada Anak

Air Hangat

Kalau kita pikir-pikir secara dangkal, air hangat bukankah justru semakin membuat tubuh terasa panas? Kalau di luar tubuh memang ia. Air hangat terasa hangat dan sepertinya akan semakin meningkatkan suhu badan anak. Namun ketika masuk ke dalam tubuh, ia menghangatkan tubuh bagian dalam. Air hangat membuat orang yang meminumnya menjadi berkeringat. Setelah berkeringat, diharapkan suhu badan anak akan menurun. Karena panas yang tertahan di dalam tubuh sudah dikeluarkan melalui keringat. Setiap kali anak minta minum, berilah air hangat agar panas badannya segera reda.

Santan Kunyit

Obat alami pereda demam pada anak berikutnya adalah santan kunyit. Bila air hangat belum mempan, coba redakan demam pada anak dengan santan kunyit. Parut satu ruas kunyit, peras santannya, beri sedikit gula sebagai perasa, lalu minumkan pada anak. Dengan cara ini, demam pada anak bisa reda secara perlahan. Tentu tidak bisa sekaligus. Pemberiannya pun tidak cukup satu kali. Agar demam anak segera reda, berikan santan kunyit minimal 2 kali dalam sehari. Cara ini dilakukan oleh masyarakat Madura ketika anaknya mengalami gejala demam.

Daun Beluntas

Santan kunyit bisa juga diganti dengan air perasan daun beluntas. Daun beluntas memberikan efek mendinginkan tubuh. Sehingga cocok dikonsumsi anak yang sedang menderita demam. Daun beluntas ditumbuk, diberi air lalu diperas. Air perasan tersebut sebaiknya disaring agar anak tidak tersedak saat meminumnya. Setelah itu diberi sedikit gula, lalu diminumkan pada anak yang sedang sakit demam. Selain itu, bisa juga dengan mencampurkan Daun Beluntas dengan Kunyit. Keduanya sama-sama memberikan efek mendinginkan secara perlahan.

Obat alami pereda demam di atas bisa Anda gunakan bila anak mengalami demam biasa. Karena anak-anak yang sedang beradad dalam vase pertumbuhan, sudah biasa mengalami demam. Namun bila gejala demam disertai dengan gejala lain, sebaiknya segera bawa ke dokter. Seperti munculnya bintik-bintik merah pada kulit, atau diiringi dengan muntah-muntah.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional