Menu

Ternyata Tips Ini Bisa Kurangi Resiko Penyakit Jantung, Coba Aja

Ternyata Tips Ini Bisa Kurangi Resiko Penyakit Jantung, Coba Aja

topikterkini.com – Resiko penyakit jantung adalah keadaan dimana kemungkinan menderita penyakit jantung cukup besar. Seperti yang diketahui, Jantung merupakan pusat kehidupan sesseorang. Seorang dikatakan meninggal dunia bila jantungnya berhenti berdetak. Yang mengkhawatirkan, saat ini banyak kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung. Penyakit di pusat kehidupan kita. Hal semacam ini tentu tidak ingin terjadi pada kita atau orang yang kita cintai. Hampir semua orang ingin hidup sehat. Kalaupun mati, tidak didahului dengan kekhawatiran akan kematian yang disebabkan penyakit jantung.

Pola hidup orang modern seperti sekarang telah meningkatkan resiko penyakit jantung. Jumlah penderita penyakit jantung pun terus meningkat. Tentu kita tidak ingin masuk dalam daftar tersebut.

Berikut Tips Mengurasi Resiko Penyakit Jantung

Olahraga Teratur

Olahraga sebenarnya merupakan kebutuhan kita sehari-hari. Hanya saja mungkin sering merasa malas melakukannya. Seiring dengan pertambahan usia, jantung kita pun semakin menua. Karena menjadi tua merupakan proses yang tidak bisa dihindari. Semakin bertambah usia, detak jantung kita akan semakin melambat, hingga pada akhirnya berhenti di titik kematian. Tapi untuk menjaga kinerja jantung agar tetap prima, lakukan olahraga minimal 3 x dalam seminggu. Karena olahraga membuat jantug kita terus terlatih. Kinerja jantung tidak akan turun secara terus menerus.

Kurangi Makanan Berlemak dan Berminyak

Cara kedua mengurangi resiko penyakit jantung adalah dengan mengontrol manakan yang dokonsumsi. Kandungan lemak tinggi juga berbahaya pada jantung. Orang yang mengalami kolesterol tinggi memiliki resiko penyakit jantung koroner. Terjadi penumpukan lemak pada bagian-bagian jantung yang membuat ia sulit bekerja. Kurangi makanan berlemak dan berminyak tinggi untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

Hindari Stres

Stres juga berpengaruh terhadap kondisi jantung. Stres memang kondisi psikis, tapi sangat berpengaruh pada kondisi fisik. Contoh sederhananya saat kita merasa sedih. Sedih merupakan kondisi psikologis. Saat sedih, kita cenderung menangis. Dan menangis merupakan aktivitas fisik. Begitu pula dengan stres. Stres memang kondisi psikologis. Tapi stres bisa menyebabkan berbagai masalah pada jantung kita. Pada penderita darah tinggi dan sakit jantung, bisa terjadi serangan jantung mendadak saat ia mengalami tekanan stres.

Hindari Junk Food

Makanan atau minuman tidak sehat bisa menjadi pembunuh paling dingin sepanjang sejarah kehidupan kita. Karena secara kasat mata, makanan dan minuman (terlebih minuman alkohol) tidak sehat memberikan manfaat. Entah itu mengenyangkan, rasanya enak, bahkan menenangkan. Tapi dalam jangka waktu lama, ia bisa membunuh kita karena menimbulkan penyakit berbahaya. Salah satunya ialah penyakit jantung.

Perbanyak Konsumsi Kentang

Konsumsi Kentang juga menjadi langkah tepat untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Kentang mengandung senyawa yang membantu menguatkan otot jantung. Oleh karena itu, dokter menganjurkan penderita masalah pada otot jantung untuk mengonsumsi kentang sebanyak mungkin. Di samping manfaat tersebut, ketang tentu memiliki rasa yang enak dibandingkan bahan makanan pokok seperti beras, gandung atau jagung.

 

 

Itulah beberapa cara mengurangi resiko penyakit jantung. Sebab kesehatan merupakan harta tak ternilai, kita harus menjaganya sebaik mungkin.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional