Menu

Tanggal 2 Oktober Diperingati Hari Batik Nasional, Ini Alasan dan Sumber Hukumnya

Tanggal 2 Oktober Diperingati Hari Batik Nasional, Ini Alasan dan Sumber Hukumnya

topikterkini.com – Hari Batik Nasional merupakan perayaan nasional untuk memperingati sejarah ditetapkannya batik sebagai warisan nasional. Dengan begitu maka batik resmi menjadi warisan budaya yang tidak bisa diakuisasi oleh negara lain.

Sejarah peringatan Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober ini bukanlah sekedar peringatan biasa. Namun perayaan ini memiliki dasar hukum yakni Kepres no 33 tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional. Dengan keluarnya Kepres ini maka Indonesia memiliki hari perayaan baru berupa peringatan Hari Batik Nasional.

Keluarnya Kepres mengenai perayaan tersebut berdasarkan keputusan Unesco pada tanggal 2 Oktober tahun 2008. Pada tanggal itu Unesco Menetapkan Batim sebagai warisan budaya bangsa. Sehingga pada tanggal 17 November tahun 2009, Susilo Bambang Yudoyono atau SBY yang kala itu masih menjabat presiden langsung menetapkan tangal 2 Oktober Hari Batik Nasional.

Kendati ditetapkan sebagai hari spesial, namun tanggal 2 bukanlah hari libur. Artinya semua pejabat pemerintah, BUMN, dan beberapa elemen lainnya tetap beraktifitas seperti biasa. Namun dari segi seragam disarankan untuk mengenakan batik.

Batik sendiri di Indonesia dikenal sebagai salah satu warisan budaya. Hampir tiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas batik tersendiri. Dari perbedaan motif, bahan, dan cara membuatnya setiap daerah terkadang tidaklah sama. Keunikan inilah yang menjadikan batik di Indonesia sangat variatif dan tentunya keren-keren.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional