Menu

Menyalakan Laptop Saat Petir, Berbahayakah?

Menyalakan Laptop Saat Petir, Berbahayakah?

topikterkini.com – Menyalakan laptop saat petir kadang menjadi pilihan yang harus dilakukan. Apalagi di saat pekerjaan mendekati deadline, mau tidak mau harus diselesaikan walaupun kondisi cuaca kirang bersahabat.

Namun ketahuilah menyalakan laptop saat hujan apalagi petir sangatlah tidak direkomendasikan. Apalagi disaat petir menggelegar. Hal ini tentunya akan sangat membahayakan. Tidak membahayakan laptop tetapi bisa juga membahayakan pengguna yang sedang duduk manis di depan laptop tersebut.

Perlu diketahui petir menyambar laptop melalui dua cara, yaitu sambaran langsung dan tidak langsung. Sambaran petir secara langsung bisa langsung menyambar laptop yang sedang nyala. Ada dua kemungkinan hal tersebut bisa terjadi. Pertama karena memang berada di lokasi yang tinggi yang menyebabkan tersambar petir. Sedangkan yang kedua karena gelombang elektromagnetik. 

Laptop yang terkoneksi internet, bluetooth dan hal lain yang berhubungan dengan gelombang elektromagnetik memiliki potensi terkena petir. Petir akan menyambar gelombang elektromagnetik yang disebabkan oleh koneksi tersebut. Oleh karena itu, jika memang terpaksa menyalakan laptop saat petir maka sebaiknya matikan dulu koneksi internetnya, bluetooth, serta kabel listrik. Agar tidak terhindar dari sambaran petir secara langsung.

Sambaran petir tidak langsung ini biasanya menyerang sambungan listrik lebih dahulu. Rumah atau perkantoran yang memiliki grounding kurang baik maka berpotensi akan tersambar petir. Oleh karena itu janganlah mengecas laptop atau menyalakan laptop sambil di charge, karena bisa terkena dampak dari petir tersebut. 

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita melindungi diri dan laptop ketika petir. Tidak ada salahnya menjaga sebelum kejadian yang tidak diinginkan menimpa kita. Matikan laptop, atau matikan sambungan ketika hujan adalah langkah terbaik agar terhindar dari sambaran petir. 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional