Expo Sultra 2019 Dalam Rangka Hari Jadi Sultra Ke-55 Tahun Dibuka Resmi Oleh Gubernur Sultra

oleh -

Laporan Jurnalis Sultra : Darman

TOPIKterkini.com, Kendari — Acara Expo Sultra sebagai bentuk perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 tahun, dihadiri langsung Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, Wakil Gubernur Sultra dan Danrem Sultra. Turut hadir Walikota Kendari, para Bupati dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta tokoh masyarakat.

“Perayaan Expo Sultra dalam rangka Hari Jadi Ke-55 tahun Provinsi Sulawesi Tenggara, dibuka resmi oleh Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, SH, pada senin (23/4/19) di pelataran Tugu Religi, Alun-alun Kota Kendari. Pergelaran Expo Sultra merupakan bagian dari agenda promosi budaya dan menjadi program pameran pembangunan, dilaksanakan sejak tanggal 23 sampai dengan 27 April 2019”

Dalam sambutan, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan, keberhasilan suatu pendapatan masyarakat meningkat melalui lapangan kerja akan terbuka luas dan berbagai usaha terkait akan ikut pula, perkembangan perekonomian daerah akan memiliki landasan yang lebih kuat dengan salah satu strategi dan pengembangan sumber daya lokal yang unggul dan potensial. Sambutnya

Dirinya menerangkan, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tenggara tahun 2018 tumbuh sebesar 6,42% dari sisi produksi pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha transportasi dan pergudangan sebesar 8,76% sementara kontribusi sektor industri pengolahan sebesar 4,83% dengan pertumbuhan ekonomi tersebut di Sulawesi Tenggara terus berkembang dengan jumlah usaha sebesar 108.371 unit yang menyerap tenaga kerja sebanyak 195.150 orang. terang orang nomor satu di Sultra.

Dalam perkembangan pembangunan ekonomi berbagai masalah masih dihadapi oleh kebanyakan UMKM kurangnya akses terhadap pasar permodalan pengembangan teknologi informasi dan pengembangan SDM jaringan usaha dan sebagian akan mempengaruhi pada rendahnya produktivitas dan daya saing UKM atau permasalahan ini menjadi hambatan yang berat dalam perekonomian global yang semakin kompetitif.

Lanjutnya, meskipun banyak kendala yang dihadapi para pelaku usaha namun saya yakin, dengan dukungan pemasaran melalui pameran seperti ini akan memberikan motivasi yang cukup besar dalam menumbuh dan mengembangkan UKM untuk menjadi lebih baik dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang tersedia dan dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai maka produksi tersebut akan mempunyai daya saing cukup kuat dalam merebut pengusaha pasar.

“Saya selaku pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan pameran Sultra Expo dan berharap Kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi pembangunan Sulawesi Tenggara yang sama-sama kita cintai,” ungkap Ali Mazi

Selain itu, dengan penyelenggaraan pameran Sultra, ia menyampaikan beberapa harapan yang pertama dijadikan sebagai media pemerintah untuk menginformasikan kepada masyarakat mengenai hasil pembangunan yang telah dicapai selama ini, sekaligus menjadi ajang pembelajaran bagi masyarakat dalam menyerap informasi tentang program-program pembangunan yang telah sedang dan akan dilaksanakan pada tahun berikutnya. kedua dijadikan sebagai sarana untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk unggulan serta menginformasikan perkembangan terkini terkait kondisi perekonomian daerah kepada seluruh pihak pengusaha dan masyarakat. tutup Gubernur Sultra, Ali Mazi

Loading...