Jelang Ramadan, Sejumlah Barang Mulai Naik

Laporan Jurnalis Kalbar : Yahya Iskandar

TOPIKterkini.com, Kalbar – Menjelang ramadan, sejumlah barang kebutuhan pokok mulai mengalami kenaikan. Adapun barang-barang yang mulai mengalami kenaikan, seperti gula, telur ayam hingga tepung terigu.

Salah seorang pedagang, Suryamin menuturkan, adapun permintaan yang paling banyak saat ramadan, diantaranya gula, telur ayam dan tepung terigu. Hingga saat ini harga-harga tersebut sudah mulai mengalami kenaikan.

“Sudah ada kenaikan seperti gula pasir. Kalau eceran sesuai harga eceran tertinggi (HET) Rp 12.500 per kilogram. Kalau sekarang masih Rp 12.000 per kilogram,” ujarnya, kemarin.

“Biasanya dari agen itu ngambil gula sekarung Rp 515 ribu, sekarang sudah Rp 550 ribu. Kalau harga beras masih relatif stabil,” timpalnya.

Selain itu, harga telur ayam pun mulai mengalami kenaikan. Jika sebelumnya, harga telur ayam masih berkisar dibawah Rp 1.500 per butir. Saat ini harga telur ayam sudah menyentuh Rp 1.500 per butir.

“Bukan tidak mungkin harganya bisa naik lagi. Tapi, yang terpenting stok barangnya itu ada. Untuk saat ini stoknya cukup,” Suryamin.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Perdagangan Kabupaten Seakadau, Sarno memastikan untuk ketersediaan sembako mencukupi. Bahkan, kata dia, monitoring terus dilakukan untuk memastikan kebutuhan sembako tercukupi.

“Nanti juga akan ada rakor untuk pengendalian harga menjelang ramadan di Provinsi, pada (30/4) mendatang,” katanya saat dikonfirmasi.

Sarno mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya untuk menjaga stabilisasi harga. Tentunya, tidak dipungiri akan ada kenaikan sejumlah barang. Namun, diharapkan kenaikan harga sembako tidak mengalami kenaikan signifikan.

“Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah yaitu melakukan bazar atau operasi pasar, dengan melibatkan pengusaha-pengusaha lokal,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *