Pemkab Sekadau Gelar Safari Ramadan di SP 1 Merbang

Laporan Jurnalis Kalbar :Yahya Iskandar

TOPIKterkini.com, Kalbar – Pemerintah daerah Kabupaten Sekadau kembali menggelar safari ramadan 1440 hijriah. Kali ini, safari ramadan yang menjadi agenda rutin setiap tahunnya itu dilaksanakan Pemkab Sekadau di SP 1, Desa Merbang, Kecamatan Belitang Hilir, Jumat (17/5).

Asisten I Setda Kabupaten Sekadau, Fendy menuturkan, safari ramadan yang dilaksanakan Pemkab Sekadau merupakan upaya memupuk silaturahmi antara pemerintah dengan semua masyarakat yang ada di SP 1 Merbang. Ia berharap, safari ramadan ditahun berikutnya bisa dilaksanakan di desa-desa yang lain.

“Kepada masyarakat yang menjalankan ibadah puasa, selamat menjalankan puasa,” ujar Fendy.

Fendy mengajak, masyarakat untuk meningkatkan ibadahnya dengan perbanyak amalan-amalan kepada Allah SWT. Menurutnya ada banyak hikmah yang dapat diambil dari pelaksanaan puasa, diantaranya setiap manusia didorong mampu menjadikan dirinya sehat jasmani dan kokoh rohaninya.

“Puasa mengandung didikan memperkuat mental dan spiritual serta memperteguh kesabaran pada saat berpuasa berusaha untuk menahan haus dan lapar,” ucapya.

Ia berpesan agar bulan ramadan diisi untuk kegiatan ibadah, baik ibadah wajib seperti salat wajib, salat sunat, puasa, banyak membaca al quran, sedekah dan ibadah-ibadah lainnya. Ia juga mengimbau masyarakat agar tidak berlebih-lebihan berbelanja pada ramadan dan menjelang lebaran.

“Biasanya harga barang ada kenaikan sedikit, terutama barang pokok. Rencanakan dengan sebaik mungkin barang-barang yang akan dibelanjakan dengan sebaik mungkin,” tuturnya.

Fendy juga mengajak untuk bersama-sama meningkatkan kualitas keimanan, ketaqwaan dan keilmuan. Sehingga, diharapkan terbentuknya masyarakat Kabupaten Sekadau yang cerdas berkemampuan ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK) dan bersemangat beriman dan bertaqwa (IMTAK).

Ia mengimbau masyarakat untuk memelihara kerukunan hidup beragama dalam kehidupan bermasyarakat, baik antar sesama maupun dengan pemeluk agama lain. Sehingga, tercapai Kabupaten Sekadau yang lebih baik kedepannya.

“Mari bersama-sama menjaga situasi dan kondisi di wilayah masing-masing. Sehingga, tetap kondusif serta tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan,” pungkasnya.

Hadir dalam safari ramadan, Pabung Kodim 1204/Sanggau, Anggota DPRD Kabupaten Sekadau, jajaran SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau, perwakilan Kantor Kemenag Kabupaten Sekadau serta Forkopimka Belitang Hilir. (humas pemkab sekadau)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *