Jamarat: Manajemen Keramaian di Jantung Haji

Salah satu pameran terbesar dari infrastruktur haji adalah Jamarat Al-Aqaba, dibangun dengan biaya melebihi SR 4,2 miliar ($ 1,12 miliar) dan mampu menangani aliran 300.000 jamaah per jam.
Struktur sepanjang 950 meter dan lebar 80 meter dirancang untuk menopang 12 lantai dan menampung lima juta peziarah di masa depan jika diperlukan. Di tempat inilah para peziarah melemparkan tujuh kerikil ke dinding dalam sebuah ritual yang melambangkan rajam setan.

Menurut tradisi Islam, Nabi Ibrahim sedang dalam perjalanan untuk mengorbankan putranya Ismail atas permintaan Allah ketika ia dicobai oleh iblis pada tiga kesempatan. Setiap kali nabi melemparkan batu ke iblis untuk mengusirnya.

Stempel fatal telah merusak ritual ini selama haji beberapa kali di masa lalu. Tahun ini Kementerian Haji Saudi, bekerja sama dengan badan-badan pemerintah lainnya, telah membuat rencana terperinci untuk mencegah kondisi yang dapat menyebabkan penyerbuan.

Untuk memastikan bahwa semua berjalan sesuai rencana, personel pengontrol kerumunan telah terdaftar dari polisi dan Pertahanan Sipil Saudi.
“Setiap tahun kami mengembangkan program untuk manajemen dan kontrol kerumunan,” Amro Maddah, penasihat Menteri Haji, mengatakan.

Peziarah melakukan ritual al-Aqaba (rajam setan) di Jembatan Jamarat di luar Mekah pada 11 Agustus 2019

“Setiap kamp untuk setiap negara memiliki jumlah dan pekerja manajemen kerumunan yang spesifik. Orang-orang ini semua mengikuti rencana operasional pelayanan. ”
Maddah mengatakan setiap pekerja manajemen kerumunan memiliki rencana spesifik berdasarkan jadwal. “Para peziarah akan melemparkan batu-batu mereka dan kembali ke kamp-kamp yang ditunjuk,”
“Untuk memastikan bahwa jadwal diikuti dengan benar, kami menggunakan kamera pengontrol kerumunan dan ID pintar.”

“Setiap kamp memiliki pekerja yang didedikasikan untuk mereka. Orang itu bertanggung jawab untuk memastikan bahwa para peziarah mengikuti jadwal yang diberikan kepada mereka.
“Jika jadwal tidak terpenuhi dan orang tersebut tidak melakukan pekerjaannya, kantor tempat ia bekerja akhirnya akan mendapatkan catatan dari kementerian dan kemudian hukuman yang sangat besar.
“Kami memiliki lebih dari 8.200 pemimpin kelompok yang bertanggung jawab atas pergerakan peziarah,” kata Maddah. “Mereka dari Arab Saudi, mereka dilatih untuk pekerjaan ini dan sangat andal.”

Peziarah melakukan ritual al-Aqaba (rajam setan) di Jembatan Jamarat di luar Mekah pada 11 Agustus 2019.

Agar tidak mengulangi insiden sebelumnya dan menjaga lingkungan yang sehat, Maddah mengatakan bahwa orang banyak tahun ini akan lebih terkendali.

Jembatan Jamarat sangat penting untuk manajemen kerumunan yang efisien. Jembatan dibangun di sekitar tiga pilar besar dengan beberapa titik masuk dan keluar di berbagai tingkat.

Fasilitas ini mencakup semua layanan yang diperlukan untuk membantu para peziarah, termasuk terowongan bawah tanah yang memisahkan kendaraan dari pejalan kaki; 11 pintu masuk; 12 pintu keluar; helipad untuk keadaan darurat; dan sistem pendingin yang canggih.

Kepemimpinan Kerajaan tertarik untuk mengimplementasikan proyek untuk memastikan keselamatan dan keamanan para peziarah, serta menghilangkan risiko di daerah rajam dan menghindari masalah yang disebabkan oleh kepadatan penduduk.

Peziarah melakukan ritual al-Aqaba (rajam setan) di Jembatan Jamarat di luar Mekah pada 11 Agustus 2019

Proyek wilayah Jamarat memiliki empat tujuan luas: menata kembali wilayah sekitarnya; memfasilitasi akses ke jembatan dengan membaginya ke arah yang berbeda; mengorganisir area di sekitar jembatan untuk menghindari keramaian dan kemacetan; dan mengatasi masalah orang yang tidur di sekitar jembatan.

Area ini juga dilengkapi dengan terowongan bawah tanah untuk kendaraan dan pintu keluar evakuasi melalui enam menara darurat yang terhubung ke lantai dasar, terowongan, dan lapangan udara.
Desain Jamarat dan ketinggiannya meningkatkan gerakan dan meningkatkan kapasitas jembatan, membantu mengurangi risiko capedes dan kepadatan penduduk.

Selama musim haji 1436, alun-alun barat Jamarat diperluas sekitar 40.000 meter persegi dari utara untuk membentuk jalan keluar menuju Mekah.

Dimensi bergeser, dengan panjang memanjang hingga satu kilometer dan lebarnya melebihi 70 meter.
Jalan-jalan di sekitar Jamarat telah ditata ulang sejalan dengan proyek ekspansi, termasuk Jalan Haji, Jalan Pangeran Majed dan Jalan Masjid Agung.

Perluasan ini juga berarti bahwa jalan-jalan vital telah meningkatkan koneksi, sehingga ada aliran peziarah yang lebih lancar keluar dari fasilitas.
Jembatan Jamarat telah mengalami sejumlah pekerjaan pengembangan dan perluasan sejak didirikan pada tahun 1974.

Pada tahun 1982, jembatan itu diperluas lebar dan panjangnya dari utara. Ada ekspansi kedua pada tahun 1987, meningkatkan lebarnya menjadi 80 meter dan panjangnya menjadi 520 meter.

Boarding ramp diperpanjang hingga 40 meter dan 300 meter. Lima jembatan servis baru ditambahkan, serta papan nama, pencahayaan, dan ventilasi. Luas totalnya mencapai 57.600 meter persegi.

Jembatan Jamarat mengalami pembangunan kembali pada tahun 1995, dan 10 tahun kemudian.
Ini termasuk modifikasi dalam struktur jembatan dan modifikasi bentuk cekungan dari bentuk melingkar ke oval.
Perubahan lain yang melibatkan pembuatan pintu darurat baru, memasang rambu-rambu dengan informasi dan peringatan jika terjadi kepadatan, dan menghubungkan layar dan rambu langsung ke kamp-kamp peziarah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *