oleh

Sinergitas TNI-Polri Bantu Masyarakat Padamkan Api

TOPIKterkini.com Sekadau, Personel Polsek dan Koramil Belitang bersama warga desa Belitang Dua Kecamatan Belitang melakukan pemadaman titik Api (Karhutla) yang terjadi di dusun Belitang desa Belitang Dua Kecamatan Belitang pada Rabu (4/9/2019).

Adapun lokasi yang terbakar adalah lahan milik Isriyani warga desa Belitang Dua Kecamatan Belitang Kabupaten Sekadau.

Kapolsek Belitang IPDA Agus Junaidi bersama Danramil Peltu Jamal beserta personel turun langsung ke lokasi kejadian dengan dibantu Sat Pol PP Kecamatan dan warga masyarakat berjibaku lakukan pemadaman api.

Api yang membakar rumput dan ranting pohon diperkirakan terjadi mulai pukul 13.00 WIB dengan luas areal sekitar 0,5 Hektare.

Dengan menggunakan selang air dan mesin Robin dari UPK (Unit Pemadam Kebakaran) desa Belitang Dua sebanyak 1 buah dengan menyedot air yang berasal dari kolam untuk menyemprot titik api dilokasi kebakaran.

IPDA Agus dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa kebakaran lahan di lokasi belum lama terjadi kemudian personel Polsek dan Koramil turun ke lokasi bersama masyarakat saling bahu-membahu memadamkan api.

Untuk itu Kapolsek bersama personel gabungan akan melakukan patroli dan mencari tempat lain yang kemungkinan masih ada titik api yang membakar lahan untuk mengantisipasi merambat ke pemukiman milik warga setempat.

Dalam masalah ini Kapolsek akan menyelidiki penyebab kebakaran yang mengakibatkan lahan milik warga desa Belitang Dua Kecamatan Belitang terbakar.

“Apakah faktor timbulnya api
dari tempat lain, kelalaian dari warga seperti membuang puntung rokok sembarangan atau sengaja dibakar hal tersebut masih dalam penyelidikan kami dan belum diketahui penyebab pastinya,” tutur Kapolsek.

Kapolsek mengucapkan terimakasih kepada seluruh personel, tim Karhutla dan masyarakat Belitang yang peduli terhadap pencegahan Karhutla.

Selama pemadaman api berlangsung tidak ada timbul korban jiwa dan api dapat dipadamkan selang beberapa jam kemudian.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed