Malaysia mengirim setengah juta masker ke negara yang dilanda kabut asap kiriman dari indonesia

Malaysia mengirim setengah juta masker ke negara yang dilanda kabut asap kiriman dari indonesia

TOPIKTERKINI.COMKUALA LUMPUR: Malaysia mengirim setengah juta masker wajah ke negara bagian timur Sarawak dan menutup lebih dari 400 sekolah di sana pada hari Selasa ketika kabut asap menyebar dari kebakaran hutan di negara tetangga Indonesia, kata para pejabat.

Seperti yang dilansir dari Media (AN) bahwa pihak berwenang di Singapura juga mengatakan kondisi udara bisa mencapai tingkat tidak sehat di sana selama 24 jam ke depan jika angin terus membawa asap dari Indonesia, dan menyarankan siapa pun yang merasa tidak sehat untuk mencari perhatian medis.

Kebakaran hutan telah berkobar di beberapa bagian pulau Sumatra dan provinsi Kalimantan dalam beberapa pekan terakhir, memaksa pemerintah mengirim ribuan tentara dan polisi untuk memadamkan api.

Tetangga-tetangga Indonesia secara teratur mengeluh tentang kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutannya – seringkali dimulai oleh para petani yang mencoba membuka lahan untuk perkebunan kelapa sawit dan pulp.

Pihak berwenang menutup 409 sekolah di Sarawak, di sisi Kalimantan Malaysia, pada Selasa karena kabut asap, kata departemen pendidikan negara.

Badan Penanggulangan Bencana Nasional Malaysia (NADMA) mengatakan pihaknya telah mengirim 500.000 masker ke negara bagian itu, setelah indeks polusi udara mencapai tingkat yang tidak sehat pada hari Selasa.

Satu distrik Sarawak menyaksikan tingkat pencemaran yang “sangat tidak sehat” pada tahun 201, sementara bacaan yang tidak sehat terlihat di lima negara bagian Malaysia lainnya di semenanjung negara itu, kata badan itu.

Asia Tenggara telah menderita selama bertahun-tahun akibat serangan asap tahunan yang disebabkan oleh praktik tebang-dan-bakar petani Indonesia, meningkatkan kekhawatiran tentang kesehatan dan dampaknya terhadap pariwisata.

Indonesia pekan lalu mengatakan telah mendeteksi perlintasan kabut asap dari Kalimantan di Kalimantan ke sisi Malaysia di pulau itu.

Tetapi pada hari Selasa, agensi iklimnya membantah temuan Malaysia dan Singapura bahwa negara-negara itu juga melihat kabut asap dari kebakaran di pulau Sumatra.

“Adapun kabut lintas batas, belum ada yang terdeteksi dari wilayah Sumatera menuju semenanjung Malaysia,” kata badan iklim itu. Ia menambahkan bahwa tanda-tanda kebakaran hutan juga terlihat di Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Vietnam, Timor Leste dan Thailand.

Singapura mencatat kondisi yang agak kabur pada hari Selasa karena kebakaran terus-menerus di provinsi Riau dan Jambi di Sumatra, kata badan lingkungan nasional negara itu.

“Mengingat perkiraan kualitas udara untuk 24 jam ke depan, orang sehat harus mengurangi aktivitas fisik luar yang berkepanjangan atau berat,” kata agensi.

“Orang yang merasa tidak enak badan, terutama orang tua dan anak-anak, dan mereka yang menderita penyakit jantung atau paru kronis, harus mencari perhatian medis,” tambahnya.

Editor: Azqayra
Malaysia mengirim setengah juta masker ke negara yang dilanda kabut asap kiriman dari indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *