Menentang tindak kekerasan, ratusan warga Irak lakukan protes di hari ketiga

TOPIKTERKINI.COM – BAGHDAD: Ratusan pengunjukrasa di Irak tetap di Tahrir Square pusat Baghdad pada hari Minggu, menentang tindakan keras berdarah yang menewaskan banyak orang selama akhir pekan dan serangan semalam oleh pasukan keamanan yang berusaha membubarkan mereka.

Para pemuda telah mendirikan barikade di sebuah jembatan yang mengarah ke Zona Hijau yang dibentengi ibukota antara mereka dan pasukan keamanan yang terus melontarkan tabung gas air mata ke arah mereka.

Paling tidak 67 warga Irak tewas dan ratusan lainnya luka-luka pada hari Jumat dan Sabtu, ketika para demonstran bentrok dengan pasukan keamanan dan kelompok-kelompok milisi dalam gelombang kedua protes terhadap pemerintahan Perdana Menteri Adel Abdul Mahdi bulan ini, sehingga jumlah total korban tewas pada Oktober menjadi 224 orang.

Layanan Kontra-Terorisme elit Irak mengatakan pada hari Minggu bahwa pihaknya telah dikerahkan di jalan-jalan Baghdad untuk melindungi bangunan-bangunan penting negara “dari unsur-unsur yang tidak disiplin”.

Dua sumber keamanan mengatakan kepada media pada hari Sabtu bahwa pasukan anti-terorisme elit telah dikerahkan di Baghdad dan telah diperintahkan untuk “menggunakan semua langkah yang diperlukan” untuk mengakhiri protes terhadap pemerintah Abdul Mahdi.

Pasukan anti-terorisme memukuli dan menangkap puluhan pengunjuk rasa di kota selatan Nassiriya pada Sabtu malam. Mereka membubarkan demonstrasi di Lapangan Tahrir dengan gas air mata dan granat kejut, tetapi beberapa pengunjuk rasa telah berkumpul kembali.

Kerusuhan telah menghancurkan hampir dua tahun stabilitas relatif di Irak, yang dari tahun 2003 hingga 2017 mengalami pendudukan asing, perang saudara, dan pemberontakan Negara Islam.

Ini merupakan tantangan terbesar bagi Abdul Mahdi sejak ia menjabat setahun yang lalu. Meskipun menjanjikan reformasi dan memerintahkan perombakan kabinet secara luas, ia sejauh ini telah berjuang untuk mengatasi ketidakpuasan para pemrotes.

Aliansi politik yang mendukung pemerintahan koalisinya yang rapuh mulai patah, membuat kepemimpinannya yang terus menerus semakin genting. (Reuters)

Editor: Azqayra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *