Bangladesh Evakuasi 100.000 Orang saat Topan Bulbul mendekat

TOPITERKINI.COM – DHAKA: Pemerintah Bangladesh telah mengevakuasi sekitar 100.000 orang dari desa-desa pesisir dan pulau-pulau dataran rendah negara itu dengan Topan Bulbul akan dibanting ke negara itu Sabtu malam, kata para pejabat.

Departemen Meteorologi telah meminta pihak berwenang setempat dan dua pelabuhan untuk meningkatkan kewaspadaan tertinggi mereka, karena topan diperkirakan akan melepaskan gelombang badai setinggi tujuh kaki (dua meter) di distrik pantai.

BACA JUGA: Lima polisi Meksiko tewas dalam serangan

Bulbul, yang mengepakkan kecepatan angin maksimum 120 kilometer per jam (75 mil), sedang menuju pendaratan di dekat Sundarbans, hutan bakau terbesar di dunia, yang mengangkangi Bangladesh dan bagian dari India timur dan merupakan rumah bagi harimau Bengal yang terancam punah.

Topan itu diperkirakan menghantam pantai Bangladesh sekitar pukul 8 malam. (1400 GMT), sekretaris manajemen bencana Shah Kamal mengatakan, menambahkan ada rencana untuk mengevakuasi sekitar 1,5 juta orang sebelum itu.

Pihak berwenang telah menangguhkan tes sekolah nasional, membatalkan hari libur pejabat yang diposting di distrik pantai dan membatalkan pameran tradisional yang menarik puluhan ribu orang di Sundarbans.

BACA JUGA: Tujuh Pemberontak ditangkap Pasca serangan yang menewaskan 15 Orang

Operasi di dua pelabuhan utama negara itu – Mongla dan Chittagong – telah ditangguhkan, kata Kamal.

Sekitar 55.000 sukarelawan telah dimobilisasi untuk pergi dari rumah ke rumah dan memberi tahu orang-orang tentang badai ini.

Pantai dataran rendah Bangladesh, tempat tinggal 30 juta orang, secara teratur dipukuli oleh topan kuat yang meninggalkan jejak kehancuran di belakang mereka.

Ratusan ribu orang telah terbunuh selama beberapa dekade terakhir dalam topan, yang frekuensi dan intensitasnya meningkat.

BACA JUGA: Tujuh Pemberontak ditangkap Pasca serangan yang menewaskan 15 Orang

Bangladesh, bagaimanapun, telah meningkatkan kesiapsiagaannya dalam beberapa tahun terakhir, memotong jumlah korban sejak Topan Sidr menewaskan lebih dari 3.000 orang pada tahun 2007.

Pada bulan Mei tahun ini, Fani menjadi badai paling kuat yang melanda negara itu dalam lima tahun, tetapi lebih dari selusin orang tewas. (AN)

Editor: Farah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *