Korupsi disalahkan atas Kehancuran Banjir Venesia

TOPIKTERKINI.COM – VENICE: Sebagian besar Venesia dibiarkan terendam air setelah gelombang pasang tertinggi dalam 50 tahun merobek kota Italia yang bersejarah, memondongkan gondola, menghancurkan hotel dan mengirim turis yang melarikan diri melalui perairan yang naik dengan cepat.

Pemerintah di Roma diperkirakan akan menyatakan keadaan darurat pada pertemuan kabinet pada hari Kamis setelah Perdana Menteri Giuseppe Conte menggambarkan banjir sebagai “pukulan ke jantung negara kita.”

Para pejabat menyalahkan perubahan iklim sementara para pemilik toko di Grand Canal mengamuk terhadap mereka yang gagal melindungi kota UNESCO dari air pasang.

BACA JUGA: Polisi Mengejar Aktor Dibalik Penyerangan yang Menewaskan Mahasiswa Asal Bone

Mereka mengatakan korupsi telah berulang kali menunda sistem perlindungan penghalang yang bisa mencegah bencana.

“Kota ini bertekuk lutut,” kata walikota Venesia Luigi Brugnaro dalam sebuah wawancara dengan penyiar nasional RAI.

“Ada kehancuran yang meluas,” katanya di Lapangan St. Mark’s yang terkenal, yang menanggung beban terberat banjir. “Kemungkinan besar kerusakan dari tadi malam mencapai ratusan juta euro.”

Keadaan darurat untuk bencana alam akan memungkinkan pemerintah untuk menggunakan “kekuatan luar biasa dan sarana” untuk campur tangan lebih cepat, dan Conte mengatakan pemerintahnya siap untuk mengalokasikan dana.

BACA JUGA: Curi Uang di Celengan TK, 7 Remaja Ditangkap Polisi

“Bencana yang melanda Venesia adalah pukulan ke jantung negara kita,” kata Conte di tempat kejadian. “Sungguh menyakitkan melihat kota itu begitu rusak, warisan artistiknya terancam.”

Lapangan Santo Markus tenang pada hari Rabu malam, dengan hanya segelintir wisatawan berjalan melalui lapangan yang relatif kering ditandai dengan genangan air sesekali.

Empat teman Venesia yang berkumpul di alun-alun, semuanya mengenakan sepatu bot, mengatakan relatif sepi dan kurangnya wisatawan terbalik dari beberapa hari yang mengerikan.

“Kami belum pernah melihat yang seperti ini,” kata Alvise, 19.

Sebelumnya, wisatawan menyeret koper-koper berat yang diarungi sepatu bot setinggi paha atau bertelanjang kaki melalui lorong-lorong yang terendam, ketika para pengemudi gondola dan taksi air membasahi air yang tercemar limbah dari kapal-kapal mereka yang hancur.

BACA JUGA: Tabrak Dump Truk, Pengendara Motor Tewas di Sekadau

Sekolah akan tetap tutup pada hari Kamis, kata pihak berwenang.

Air kotor berputar-putar di sekitar makam marmer di dalam ruang bawah tanah St Mark’s Basilica abad ke-12, yang mengalami kerusakan tak terhitung ketika gelombang pasang yang belum pernah terjadi sebelumnya menyapu kota.

Itu tertutup bagi wisatawan seperti banyak menyoroti Venesia lainnya termasuk Teater Fenice dan Istana Ducal.

“Kami mengatakan tahun lalu bahwa basilika telah berumur 20 tahun saat air pasang. Itu berisiko memiliki usia lebih dari itu dalam yang satu ini, “kata jaksa bangunan Carlo Alberto Tesserin.

Seorang 78 tahun tewas oleh sengatan listrik ketika air mengalir ke rumahnya.

“Kami meminta pemerintah untuk membantu kami, biayanya akan tinggi,” walikota Brugnaro mentweet. “Ini adalah efek dari perubahan iklim.”

BACA JUGA: Cina mengatakan Pembunuhan terhadap Pemimpin Negara Islam adalah Kemajuan

“Masa depan Venesia dipertaruhkan,” ia memperingatkan. “Kita tidak bisa hidup seperti ini lagi.”

Menteri Lingkungan Hidup Sergio Costa menyalahkan perubahan iklim dan “tropisasi” curah hujan yang keras dan angin kencang.

“Inilah yang terjadi lebih sering di Mediterania,” kata Costa di Facebook.

“Pemanasan global akan menghancurkan planet kita jika kita tidak segera membalikkan arah.”

“Acqua alta,” atau perairan yang sangat kuat, memuncak pada ketinggian 1,87 meter (enam kaki). Hanya satu kali sejak pencatatan dimulai pada tahun 1923 memiliki air merayap lebih tinggi, mencapai 1,94 meter pada tahun 1966.

“Itu tidak bisa dipercaya. Airnya naik begitu cepat, ”kata warga Tiziano Collarin, 59, saat ia mengamati kerusakan.

BACA JUGA: Tukang Pijat Asal Indonesia Diperkosa dan Dirampok di Malaysia

“Jendela pecah, ada orang-orang yang kehilangan segalanya,” katanya ketika alarm banjir berbunyi untuk memperingatkan orang-orang di kota kanal bahwa gelombang yang surut agak semalam dan naik sekali lagi.

Brigade pemadam kebakaran mengatakan telah menyelamatkan lebih dari 400 orang saat operasi serta meletakkan di atas kapal tambahan sebagai ambulan air.

Sekitar 160 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk menyelamatkan orang-orang yang terdampar di dermaga dan untuk memulihkan perahu yang terbebas dari tambatan mereka.

Presiden wilayah Veneto Luca Zaia mengatakan 80 persen kota telah tenggelam, menyebabkan “kerusakan tak terbayangkan” di kota itu, yang memiliki 50.000 penduduk tetapi menerima 36 juta pengunjung setiap tahun.

Sebuah proyek infrastruktur besar-besaran yang disebut MOSE telah berjalan sejak 2003 untuk melindungi kota itu, tetapi proyek itu telah terganggu oleh pembengkakan biaya, skandal korupsi dan penundaan.

BACA JUGA: 3 Tewas saat terjadi Baku Tembak Diruang Sidang, 2 Diantaranya Pengacara

Rencana tersebut melibatkan 78 gerbang yang dapat dinaikkan untuk melindungi laguna Venesia selama air pasang – tetapi upaya baru-baru ini untuk menguji bagian dari penghalang itu menyebabkan getaran yang mengkhawatirkan dan para insinyur menemukan bagian-bagian telah berkarat. (AN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *