Somalia berjuang setelah banjir terburuk dalam sejarah baru-baru ini

TOPIKTERKINI.COM – SOMALIA: Ahmed Sabrie bangun untuk menemukan rumahnya setengah tenggelam di perairan banjir yang cepat naik.

Karena ketakutan dan bingung, dia menggiring anggota keluarganya yang mengantuk ke atap rumah mereka di Somalia tengah ketika puluhan ribu orang di kota itu, Beledweyne, berjuang untuk hidup mereka. Menempel pada tiang listrik di tepi atap mereka, keluarga menyaksikan barang-barang mereka terhanyut.

“Saya bisa mendengar orang, mungkin tetangga saya, berteriak minta tolong, tetapi saya hanya bisa berjuang demi kelangsungan keluarga saya,” Sabrie yang berusia 38 tahun, ayah dari empat anak, mengenang.

BACA JUGA: Korupsi disalahkan atas Kehancuran Banjir Venesia

Ketika salah seorang anaknya meratap, keluarga itu menunggu lebih dari 10 jam sebelum kapal penyelamat yang lewat melihat mereka.

Pihak berwenang belum mengatakan berapa banyak orang yang tewas dalam banjir Somalia bulan lalu, negara terburuk dalam sejarah baru-baru ini dan pengingat terakhir bahwa negara Tanduk Afrika harus bersiap menghadapi ekstrem yang diperkirakan akan datang dengan iklim yang berubah.

Setidaknya 10 orang hilang ketika kapal mereka terbalik setelah sungai Shabelle meluap. Pejabat setempat mengatakan setidaknya 22 orang secara keseluruhan diperkirakan tewas dan jumlah itu bisa meningkat.

“Ini adalah situasi bencana,” kata Walikota Safiyo Sheikh Ali.

Presiden Mohamed Abdullahi Mohamed, yang mengunjungi kota itu dan mengarungi daerah-daerah yang tenggelam, menyebut kehancuran itu “di luar kemampuan kami” dan meminta lebih banyak bantuan dari kelompok-kelompok bantuan.

BACA JUGA: Polisi Mengejar Aktor Dibalik Penyerangan yang Menewaskan Mahasiswa Asal Bone

Dengan tidak adanya rencana tanggap darurat yang tepat untuk bencana alam, penyelamat lokal menggunakan dowow reyot kayu untuk menjangkau orang-orang yang terjebak sementara helikopter yang disediakan oleh PBB memetik orang dari atap rumah. Pasukan Uni Afrika dan Somalia telah bergabung dengan operasi penyelamatan dan pemerintah Somalia mengirim makanan.

“Banyak orang masih terperangkap di rumah mereka yang terendam dan kami tidak memiliki kapasitas dan peralatan yang cukup untuk mencakup semua wilayah,” kata Abdirashakur Ahmed, seorang pejabat lokal yang membantu mengoordinasikan operasi penyelamatan. Ratusan diperkirakan masih macet.

Dengan hujan lebat dan banjir bandang diperkirakan, para pejabat memperingatkan ribuan orang terlantar agar tidak kembali terlalu cepat ke rumah mereka.

BACA JUGA: Curi Uang di Celengan TK, 7 Remaja Ditangkap Polisi

Lebih dari 250.000 orang di Somalia kehilangan tempat tinggal akibat banjir hebat baru-baru ini, menurut Dewan Pengungsi Norwegia.

Kota Beledweyne adalah yang paling parah terkena dampaknya. Beberapa ribu orang berlindung di bawah pohon atau di tenda.

“Banjir telah menghancurkan lebih dari tiga perempat Beledweyne dan merendam banyak desa di sekitarnya,” kata Victor Moses, direktur negara NRC.

Kelompok-kelompok bantuan mengatakan pertanian, infrastruktur, dan jalan di beberapa daerah hancur. Perusakan lahan pertanian di dekat sungai diperkirakan akan berkontribusi pada krisis kelaparan.

Kemungkinan kerusakan lebih lanjut dari hujan lebat dalam beberapa hari mendatang tetap menjadi perhatian, menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi.

BACA JUGA: Tabrak Dump Truk, Pengendara Motor Tewas di Sekadau

Sebagian wilayah di Juba Bawah, Gedo, dan Teluk, tempat IOM telah mendukung populasi pengungsi selama bertahun-tahun, telah terkena dampaknya. Banyak orang terlantar yang terdampar tanpa makanan, kakus, atau tempat berlindung.

“Di Baidoa, orang-orang telah pindah ke tempat tinggi di mana mereka sangat membutuhkan dukungan,” kata Nasir Arush, menteri kemanusiaan dan manajemen bencana untuk Negara Barat Selatan.

Korban selamat seperti Sabrie sekarang harus berjuang untuk membangun kembali kehidupan mereka.

BACA JUGA: Tabrakan bus di Bandung menewaskan tujuh orang

“Kami hidup, yang saya syukuri kepada Allah, tetapi bencana banjir ini mendatangkan malapetaka bagi mata pencaharian dan rumah tangga kami sehingga saya melihat jalan yang berat di depan kami,” katanya dari tempat penampungan sementara yang dibangun di tempat yang lebih tinggi di luar kota. (AN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *