Pentingnya Peranan PERS Dalam Pembangunan

PENTINGNYA PERANAN PERS DALAM PEMBANGUNAN
Oleh: Drs. Andi Abd. Wahab MG Kr. Butung
Pemimpin Umum/Redaksi Topikterkini.com

Jalannya roda pembangunan, baik jangka pendek maupun jangka panjang tidak selamanya berjalan dengan lancar. Banyak hambatan dan rintangan yang datang dari dalam maupun dari luar.

Dari pelaku pembangunan maupun dari masyarakat, dan dampak dari pembangunan itu sendiri yang mungkin dapat positif dapat juga negatif. Dampak yang negatif inilah yang harus diperkecil atau ditiadakan sama sekali.

Pada dasarnya, dalam proses pembangunan, semua manusia harus terlibat, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi semua potensi yang ada di masyarakat.

Peranan pers menjadi sangat penting dan kompleks. Peranan pers sebagai kontrol sosial, pengawas jalannya pembangunan, memberikan pandangan-pandangan dan kritik yang konstruktif, berimbang dan jujur serta menginformasikan tentang rencana dan tujuan pembangunan itu sehingga dapat meratakan jalan ke arah lancarnya pembangunan itu sendiri.

Prof. DR. Selosumarjan berpendapat bahwa pembangunan dan nilai tradisional saling bertolak belakan. Pembangunan berpandangan ke depan, sedang nilai tradisional berpandangan pada masa lampau.

Masyarakat pembangunan akan selalu berfikir dan bertindak ke arah masa depan yang lebih baik, sedangkan masyarakat tradisional akan selalu berpandangan masa lalu sehingga selalu ingin mempertahankan nilai nilai tradisional dalam segala bentuknya.

Untuk mendekatkan kedua pendapat yang saling bertolak belakang ini, peranan pers sangat besar, melalui pandangan-pandangan konstruktif. Pers perlu memotivasi masyarakat agar memahami tujuan pembangunan tersebut yakni demi kesejahtraan masyarakat itu sendiri.

Peranan pers dalam pembangunan ini, antara lain, memberikan informasi pembangunan, agen pembangunan, memberikan pandangan, menciptakan iklim yang harmonis dan serasi serta melakukan kontrol sosial yang konstrutif. Pers harus mampu membangkitkan kesadaran masyarakat luas agar mau menerima ide-ide pembangunan dan selanjutnya berperan serta secara aktif dalam pembangunan itu sendiri.

BACA JUGA: Mahir Menggunakan Intuisi atau Instink, Wartawan Menjadi Besar dan Ternama

Sesungguhnya pers nasional baru dapat dikatakan berhasil, jika ia mampu membangkitkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi pada program pembangunan yang dicanangkan pemerintah.

Pentingnya Peranan PERS Dalam Pembangunan
Penulis: Drs. Andi Abd. Wahab MG Kr. Butung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *