Topan tewaskan 24 orang di Filipina

TOPIKTERKINI.COM – MANILA: Sedikitnya 24 orang dilaporkan tewas dan 10 orang hilang setelah topan Phanfone yang melanda Filipina pada Hari Natal.

Pihak berwenang takut bahwa jumlah korban dapat meningkat, mengatakan pembaruan dari beberapa daerah yang paling terkena dampak belum datang.

BACA JUGA: Pembalap Belia Asal Jeneponto Akan Mengikuti Ajang Road Race Kapolresta CUP di Mamuju

Phanfone, yang merupakan badai ke-21 yang melanda negara itu tahun ini, pertama kali mendarat di provinsi Samar Timur pada pukul 4:45 malam. pada malam Natal dan angin berkecepatan hingga 120 km per jam dan hembusan hingga 150 km per jam.

Masuknya topan menyebabkan lebih dari 24.000 penumpang terdampar di pelabuhan, tetapi operasi kembali normal pada hari Kamis dan kurang dari 100 penumpang terdampar di Visayas Barat, menurut penjaga pantai.

Angin kencang dan hujan lebat yang disebabkan oleh Phanfone menyebabkan kerusakan serius di banyak daerah dan menyebabkan puluhan korban.

BACA JUGA: Viral…, Pasangan Mesum di Pelabuhan Bajoe Bone Nyepong di Rekam sembunyi-sembuyi

Informasi awal dari lembaga pemerintah menunjukkan setidaknya 24 orang tewas, dengan 21 di wilayah Visayas dan tiga di Luzon Selatan.

Gubernur Samar Timur Ben Evardone mengidentifikasi tiga korban jiwa: Wilson Quizon Ogatio, yang terkena lempengan baja, Carlos Yu Beltran, yang tersapu oleh gelombang badai, dan Macario Sabaldan yang menderita serangan jantung.

Kematian lainnya sebagian besar karena tenggelam, dipukul oleh puing-puing, dan sengatan listrik, berdasarkan laporan oleh polisi dan Kantor Pertahanan Sipil.

BACA JUGA: Berbuat Mesum diperpustakaan, Guru Honorer ditangkap Polisi di Bone

Gambar-gambar yang berasal dari beberapa daerah yang terkena menunjukkan orang-orang mengarungi banjir, pohon tumbang dan tiang listrik tumbang, rumah-rumah yang rusak, penduduk berjejalan di pusat-pusat evakuasi sementara yang lain menggeledah reruntuhan rumah mereka.

Pembaruan terbaru dari Dewan Manajemen dan Pengurangan Risiko Bencana Nasional mengatakan setidaknya 10.905 keluarga atau 38.832 orang yang terkena dampak Phanfone tetap berada di pusat-pusat evakuasi.

Sebanyak 115 kota tenggelam dalam kegelapan di puncak topan yang menyebabkan pemadaman listrik besar-besaran. Jalur komunikasi juga menurun di beberapa daerah yang dilanda badai.

BACA JUGA: Pesawat dengan 100 penumpang jatuh dan menabrak bangunan 2 lantai

Mulai jam 4 malam Kamis, mata angin topan itu terletak 300 km barat laut Coron, provinsi Palawan, dengan angin berkelanjutan maksimum hingga 120 km per jam di dekat pusat dan hembusan angin hingga 150 km per jam.

Phanfone diperkirakan akan keluar dari Filipina pada Sabtu pagi. (AN)

Editor: Usman S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *