oleh

Serangan Taliban menewaskan 17 milisi di Afghanistan utara

TOPIKTERKINI.COM – AFGHANISTAN: Serangan Taliban di Afghanistan utara menewaskan sedikitnya 17 milisi lokal, kata seorang pejabat Afghanistan, Minggu.

Serangan itu tampaknya menargetkan seorang komandan milisi lokal yang melarikan diri tanpa cedera, kata Jawad Hajjri, seorang juru bicara gubernur provinsi Takhar, tempat serangan itu terjadi Sabtu malam.

Milisi lokal Afghanistan umumnya beroperasi di daerah terpencil, dan berada di bawah komando kementerian pertahanan atau dalam negeri.

BACA JUGA: Polisi Jepang menemukan 2 kepala dan 5 jasad manusia di kapal yang diduga dari Korea Utara

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Serangan itu terjadi bahkan ketika para pejabat Taliban mengatakan kepada The Associated Press bahwa gencatan senjata sementara nasional mungkin sedang dilakukan.

Taliban sebelumnya telah menolak semua tawaran gencatan senjata oleh pemerintah Afghanistan, kecuali untuk gencatan senjata tiga hari pada Juni 2018 selama liburan Idul Fitri.

BACA JUGA: Polisi Jepang menemukan 2 kepala dan 5 jasad manusia di kapal yang diduga dari Korea Utara

Proposal gencatan senjata saat ini akan berlangsung seminggu hingga 10 hari. Selama waktu itu, kesepakatan damai dengan Amerika Serikat kemudian akan ditandatangani, kata para pejabat Taliban.

Pembicaraan antara warga Afghanistan di kedua sisi konflik akan menyusul untuk memutuskan bentuk Afghanistan pasca-perang.

Syura Taliban, atau dewan yang berkuasa, saat ini sedang memperdebatkan apakah akan menerima proposal gencatan senjata AS, kata para pejabat Taliban.

Para pejabat berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk berbicara kepada media, tetapi akrab dengan negosiasi AS-Taliban yang sedang berlangsung.

BACA JUGA: Taliban membunuh 10 tentara Afghanistan dalam serangan di pangkalan

Pada hari Senin, seorang tentara Amerika tewas dalam pertempuran di provinsi Kunduz utara. Taliban mengklaim mereka berada di balik pemboman pinggir jalan yang fatal yang menargetkan pasukan Amerika dan Afghanistan di Kunduz.

Hari berikutnya, serangan Taliban di sebuah pos pemeriksaan menewaskan sedikitnya tujuh tentara Afghanistan di provinsi Balkh utara.

Enam tentara Afghanistan lainnya tewas di provinsi yang sama Kamis dalam serangan di pangkalan militer.

Setidaknya 10 tentara Afghanistan tewas Jumat dalam serangan kompleks di sebuah pos pemeriksaan di provinsi Helmand selatan.

BACA JUGA: 78 Pelajar Somalia tewas dalam serangan bom Mobil

Taliban sering menargetkan pasukan Afghanistan dan AS, serta pejabat pemerintah. Tetapi sejumlah warga sipil Afghanistan juga tewas dalam baku tembak atau dengan bom pinggir jalan yang ditanam oleh gerilyawan. (AN)

Editor: Usman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed