oleh

Babinsa Koramil 08/Mandrehe Terjun Langsung Lakukan Pendampingan Pengolahan Sawah

 

TOPIKTERKINI-NIAS BARAT-Suasana Tahun Baru 2020 di bulan Januari bukanlah penghalang bagi Babins Koramil 08/Mandrehe Jajaran Kodim 0213/Nias untuk melaksanakan aktivitas pendampingan ketahanan pangan di wilayah binaan.

Kali ini melalui Babinsa Serda H. Naenggolan dan Serda T. Mendrofa melakukan pendampingan pengolahan lahan sawah seluas 0,5 hektar dari 2 heakter milik Poktan Bersama, Desa Fadorobahili Kecamatan Mandrehe, Kabupaten Nias Barat, Selasa (04/01)

Pendampingan ketahanan pangan yang dilakukan Serda H. Naenggolan dengan memantau langsung kegiatan petani saat membajak sawah dengan menggunakan hand tractor TR2 di lahan seluas 0,5 hektar yang rencananya akan ditanami padi varietas.

Serda H. Naenggolan menuturkan, pengolahan lahan dengan cara membajak menggunakan hand tractor akan menghemat tenaga dan dari sisi waktu lebih efektif. Pembajakan lahan sawah ini dilakukan agar tanah menjadi lebih gembur dan melumpur serta gulma akan mati membusuk, yang pada akhirnya dapat menyuburkan sawah itu sendiri.

“Dengan memberikan dorongan semangat dan dukungan tenaga, diharapkan para petani dalam mengolah pertaniannya bisa mencapai maksimal. Apabila pekerjaan petani bisa maksimal akan berdampak baik pula pada hasil panen nantinya.” Ujar Babinsa

Kegiatan pendampingan atau pemantauan dengan cara terjun langsung ke sawah yang dilakukan Babinsa dimaksudkan agar para petani termotivasi dan lebih semangat lagi dalam mengolah lahan untuk persiapan masa tanam padi berikutnya, tambahnya. (TZ)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed